Pamekasan (Antara Jatim) - Kodim 0826 Pamekasan, Jawa Timur membagikan sebanyak 690 paket zakat fitrah kepada warga miskin dan kurang mampu yang tinggal di sekitar makodim setempat, Kamis.

Pembagian zakat fitrah para prajurit TNI itu secara simbolis oleh Kepala Staf Kodim 0826 Mayor Inf Atjep Hindarsjah.

"Zakat yang kami bagikan ini merupakan zakat fitrah para prajurit TNI yang beragama Islam di lingkungan Makodim Pamekasan," kata Atjep Hindarsjah.

Selain kepada warga miskin dan kurang mampu, pendistribusian zakat fitrah juga diberikan kepada Yayasan Anak Yatim.

Dari total 690 paket zakat fitrah itu, sebanyak 210 diantaranya diberikan kepada warga miskin dan kurang mampu yang tinggal di sekitar Makodim Pamekasan.

"Sisanya, kami distribusikan kepada yayasan pengelola panti asuhan," ujar Kasdim.

Kasdim lebih lanjut menjelaskan, pihaknya sengaja mengumpulkan zakat fitrah dari para prajurit TNI dan kemudian diserahkan kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk berdakwah melalui tindakan kepada masyarakat Pamekasan.

"Membayar zakat ini kan merupakan kewajiban bagi umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan yang tujuannya untuk mensucikan diri dan menyempurnakan amal ibadah selama berpuasa," ujar Kasdim.

Selain itu, dengan pembagian zakat fitrah ini diharapkan juga bisa membantu meringankan beban kebutuhan warga miskin dan kurang mampu terutama saat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah nanti.

"Semoga amal ibadah yang kita jalankan selama bulan Ramadhan dapat sempurna dan diridhoi oleh Allah SWT," ujarnya. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017