Sidoarjo (Antara Jatim) - Bandara Internasional Juanda Surabaya memprediksikan puncak arus mudik Lebaran 2017 yang menggunakan jasa angkutan penerbangan terjadi pada H-2 .

General Manager PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya, Yuwono Kamis mengatakan, puncak arus mudik Lebaran nanti diperkirakan jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan di Bandara Juanda pada mudik tahun ini mencapai 73 ribu orang penumpang.

"Jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 67 ribu orang penumpang," katanya di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, dalam beberapa hari terakhir kedatangan internasional cenderung mengalami peningkatan jumlah penumpang mengingat banyaknya penumpang yang berasal dari tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pulang mudik lebaran.

"Banyak TKI yang mudik Lebaran pulang kampung ke tempat masing-masing sehingga terminal kedatangan penumpang cenderung lebih padat dari biasanya," ucapnya.

Sementara itu, sesuai dengan data yang ada, pada H-4 Lebaran secara akumulasi ada peningkatan jumlah penumpang sebanyak 404.538 orang penumpang atau meningkat dibandingkan dengan periode sebelumnya yang mencapai 398.383 orang penumpang.

"Kondisi ini berbeda dengan jumlah pesawat gerbang yang justru mengalami penurunan dari 3.013 pesawat ditahun 2016 turun menjadi 2.929 pesawat di tahun 2017," ucapnya.

Ia mengatakan secara umum pelaksanaan mudik lebaran yang ada di Bandara Internasional Juanda berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti.

"Hal disintegrasi karena segala persiapan sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari supaya pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan dengan lancar dan para penumpang ini bisa mudik ke kampung halamannya dengan nyaman dan aman," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017