Surabaya (Antara Jatim) -  PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V yang meliputi wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara mulai mengopersionalkan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di Bandar Udara Blimbingsari Banyuwangi, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan maskapai penerbangan ke Banyuwangi.

Area Manager Communication dan Relations Pertamina MOR V, Heppy Wulansari dalam keterangan persnya di Surabaya, Rabu mengatakan, DPPU Banyuwangi melayani produk utama bahan bakar Avtur dan Avgas.

"Untuk tahap awal pengoperasian DPPU ini, kami menyediakan 2 unit Refueller dengan kapasitas masing-masing sebesar 12 kilo liter, 2 unit mobil bridger berkapasitas masing-masing 24 kilo liter serta 1 unit trolley dispenser sehingga total stok Avtur yang ada di sini mencapai 48 kilo liter," katanya.

Ia mengatakan, pasokan Avtur dan Avgas yang ada di Banyuwangi disuplai dari DPPU Juanda Surabaya dengan Mobil Tanki. 

"Untuk saat ini, DPPU Blimbingsari masih melayani empat penerbangan per harinya dari 3 maskapai, namun ke depannya akan ada tambahan penerbangan dari Garuda Indonesia menjadi 6 kali seminggu pulang pergi dan dan Nam Air 2 kali sehari," katanya.

Menurut Heppy, sebelum beroperasinya DPPU Banyuwangi setiap maskapai harus melakukan pengisian Avtur di Bandar udara keberangkatan, atau "double uplift". 

Namun dengan kehadiran DPPU di Banyuwangi, kata dia, pesawat dengan tujuan Banyuwangi bisa langsung melakukan refuelling secara langsung di Bandar Udara Blimbingsari.

"Banyuwangi memiliki potensi wisata yang sangat tinggi, Pertamina memprediksi kebutuhan Avtur ke depan akan terus meningkat," katanya.

Untuk mengantisipasi hal itu, kata Heppy, Pertamina berencana menambah tangki timbun 2 (dua) unit tangki dengan masing-masing kapasitas sekitar 23 kilo liter sebagai fuel storage di Bandar Udara Blimbingsari Banyuwangi. 

"Penambahan tanki timbun ini juga akan meningkatkan kapasitas DPPU dari 48 kilo liter menjadi 94 kilo liter. 

Keberadaaan Pertamina di Bandar Udara Blimbingsari Banyuwangi tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah  Banyuwangi, Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas III Blimbingsari Banyuwangi serta maskapai penerbangan yang saat ini sudah melayani rute ke Banyuwangi yaitu Garuda Indonesia, Wings Air dan NAM Air," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017