Surabaya (Antara Jatim) - Karang Taruna Gapuraja Budiman Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya mewakili Jawa Timur untuk mengikuti seleksi Lomba Karang Taruna Berprestasi 2017 tingkat Nasional.

"Karang Taruna Rangkah sebelumnya meraih juara satu tingkat Kota Surabaya pada 2016 dan tingkat Provinsi Jatim pada 2017," kata Ketua Karang Taruna Surabaya M. Arif An kepada Antara di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, di tingkat provinsi, Karang Taruna Rangkah berhasil mengalahkan tiga kandidat utama yakni dari Kota Batu dan Kabupaten Trenggalek. 

"Karang Taruna Rangkah kemudian mewakili Jawa Timur untuk mengikuti seleksi ke tingkat Nasional. Kami berharap pada saat seleksi September mendatang bisa juaran Nasional," ujarnya.

Adapun syarat untuk memenangkan lomba yakni adanya penilaian administratif kegiatan dan koordinasi dengan organisasi atau instansi lain yang ada di Surabaya.

Arif An mengatakan keunggulan dari Karang Taruna Rangkah adalah memiliki usaha ekonomi produktif (UEB) salah satunya Sentra Kuliner di Karangrejo.  

"Usaha ekonomi produktif ini memiliki nilai tinggi pada saat penilaian. Belum lagi pemberdayaan dan pengabdian masyarakat," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, Karang Taruna Rangkah juga mempunyai usaha pemecah sampah plastik dan urban farming yang ada di Kelurahan Rangkah.

Tidak hanya itu, lanjut dia, banyak kegiatan rekreatif yang banyak dilakukan Karang Taruna Rangkah seperti halnya memiliki musik band dan kegiatan remaja lainnya.

"Ini juga menjadi dasar tersendiri untuk penilaian," ujarnya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017