Jember (Antara Jatim) - Warga "menyerbu" sejumlah stand pasar murah yang digelar Kepolisian Resor (Polres) Jember di Jalan Raya Gatot Subroto, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

"Harga sejumlah bahan pokok di sini lebih murah dibandingkan di pasaran, sehingga saya bersama ibu-ibu di perumahan beramai-ramai datang ke Pasar Murah Polres Jember," kata seorang pengunjung Siti Aminah di Jember.

Menurutnya berbagai kebutuhan bahan pokok terus merangkak naik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, sehingga sebagai ibu rumah tangga berusaha membeli bahan pokok yang lebih murah dibandingkan di pasaran.

"Kalau harganya lebih murah, bisa menghemat pengeluaran belanja dan hal itu yang harus dilakukan ibu rumah tangga untuk menyiasati banyaknya kebutuhan yang harus dibeli menjelang Lebaran," tuturnya.

Sementara Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengatakan kegiatan pasar murah tersebut bekerja sama dengan sejumlah pihak yakni Matahari Dept Store, Hypemart, Alfamart, Laras Inti ( Suplier Telur Sehat), Indomaret, UKM Disperindag, Wings Food, CV Padi Mas, Giant, PG Semboro, Roxi Square, Indofood, Golden Market, UD Harapan, Bulog dan Bank Indonesia Jember.

"Alhamdulillah pasar murah ini cukup membantu warga masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya menjelang Lebaran dan mengurangi beban ekonomi seiring melambungnya harga beberapa bahan kebutuhan pokok sebagai dampak tingginya permintaan di pasaran," katanya.

Dengan harga yang lebih murah, lanjut dia, pasar tersebut diharapkan dapat menekan niat para spekulan yang ingin menimbun barang untuk meraih keuntungan lebih besar pada saat masyarakat sangat membutuhkannya.

"Agar tidak terjadi aksi borong dan mengantisipasi adanya spekulan nakal, maka Polres Jember tetap membatasi pembelian, jika terjadi penimbunan stok sembako oleh oknum masyarakat," tuturnya.

Kusworo berharap kegiatan pasar murah tersebut dapat menekan harga kebutuhan pokok di pasaran dan daya beli masyarakat tetap terjaga, apalagi kebutuhan masyarakat meningkat menjelang Lebaran.

Kegiatan pasar murah yang digelar Polres Jember akan dilaksanakan selama dua hari yakni 17-18 Juli 2017 dengan menyediakan sejumlah bahan pokok di antaranya beras seharga Rp40.000 per 5 kilogram, minyak goreng Rp11.800 per liter, gula pasir Rp11.500 per kilogram, dan bawang putih Rp30.000 per kilogram.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017