Jember (Antara Jatim) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0824 Jember menggelar Pasar Murah Ramadhan dengan menyediakan sejumlah kebutuhan pokok dan berbagai kebutuhan Lebaran di halaman markas Kodim setempat selama dua hari, 15-16 Juni 2017.

"Kami menggelar pasar murah dengan tujuan membantu masyarakat untuk mendapatkan sembako dengan harga yang lebih murah karena harga bahan pokok sudah mulai naik menjelang Lebaran," kata Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Rudianto di Kodim setempat, Kamis.

Menurutnya kegiatan pasar murah tersebut secara strategis merupakan bagian operasi pasar Kodim dalam mengantisipasi naiknya harga bahan pokok di pasaran terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Menjaga stabilitas harga bahan pokok merupakan bagian dari stabilitas keamanan wilayah yang merupakan tugas kami semua," tuturnya.

Pasar murah tersebut didukung oleh berbagai produsen dan distributor di antaranya Produk Beras Bintang, Bulog Sub Divre Jember, Indomaret, Pabrik Gula Semboro, Peternak Ayam Telor Nurul Kurnain, Yamaha Center, Primkopad Kodim 0824, dan Persit Kartika Chandra Kirana (Persit KCK) Cabang XXXVIII Kodim 0824 juga membuka stand untuk meramaikan kegiatan tersebut.

"Berbagai kebutuhan pokok dan barang yang dijual di Pasar Murah Kodim harganya lebih murah dibandingkan di pasaran dengan selisih Rp1.000 hingga Rp3.000 per kilogram," katanya.

Harga gula pasir sebesar Rp11.500 per kilogram, beras Premiun Cap Bintang Rp9.000 per kilogram, minyak goreng Rp11.500 per liter, tepung terigu Rp7.600 per kilogram, telur ayam ras Rp16.000 per kilogram, dan berbagai kue lebaran yang dijual di stand Indomaret dan Primkopad Kodim 0824 jember.

Rudianto mengajak para pengusaha untuk menjual barangnya dibawah harga pasaran untuk meringankan beban masyarakat dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri seperti beras, telur, gula, peralatan masak, dan sejumlah toko modern berjaringan,

Murahnya harga berbagai kebutuhan pokok tersebut mampu menjadi daya tarik masyarakat, sehingga banyak warga yang berbondong-bondong datang ke Markas Kodim 0824 Jember untuk berburu bahan pokok.

"Saya baru tahu kalau ada pasar murah di Kodim karena kebetulan melintas dan mampir untuk membeli sejumlah kebutuhan pokok seperti beras, minyak, dan gula pasir karena harganya memang lebih murah dibandingkan di pasaran," kata Aminah, salah seorang warga Jember.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017