Surabaya (Antara Jatim) – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengapresiasi 500 seniman dan budayawan berprestasi sebagai wujud penghargaan karena telah mengembangkan seni budaya di wilayahnya.

"Apresiasi ini juga bentuk tali kasih kepada seniman maupun budayawan yang berkarya di Jatim sehingga terjaga kelestariannya," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, seniman adalah penjaga terhadap persatuan dan kesatuan, penjaga terhadap nilai kultur, serta penjaga nilai-nilai keadilan di masyarakat.

"Karena kalau tidak adil maka mereka protes melalui puisi- puisi atau kesenian lain yang menceriterakan tentang keadilan," ucap Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu juga mengaku optimistis terhadap budaya saat ini tetap bertahan karena anak- anak muda Jatim sangat luar biasa mencintai kesenian maupun budayanya. 

Selain itu, kata dia, Gubernur memiliki tugas menaikkan kesejahteraan sehingga jika terjadi peningkatan maka seniman juga terangkat dan otomatis kelestarian budaya terjaga.

Yang jelas, lanjut dia, jika masyarakatnya sejahtera maka banyak kegiatan yang menghadirkan seniman sehingga turut terangkat kesejahteraannya.

"Artinya kalau kebutuhan dasar tercukupi  otomatis senimannya laku dan sejahtera. Tapi sebaliknya, kalau kondisi masyarakat tidak sejahtera dan kebutuhan makan minumnya tidak tercukupi maka keadaan para senimannya juga tidak sejahtera karena tidak laku," katanya.

Sementara itu, apresiasi terhadap seniman berprestasi dan budayawan yang digelar rutin setiap tahunnya tersebut diberikan berupa paket sembako dan uang senilai Rp1,5 juta per orang. (*)
Video oleh: Hanif Nasrullah

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017