Siodarjo (Antara Jatim) - Kementerian Perdagangan menggandeng Pondok Pesantren Al Falah di Pacet, Mojokerto, Jawa Timur menggelar kegiatan pasar murah untuk membantu masyarakat yang berada di sekitar lingkungan pondok.

Staf Khusus Bidang Hubungan Antarlembaga Dan Peningkatan Sarana Perdangan Kementerian Perdagangan, Eva Yuliana, Rabu mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membantu masyarakat terutama yang ada di sekitar pondok.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan pengaruh positif terhadap warga di sekitar lokasi pondok, mengingat beberapa hari lagi lebaran," ujarnya.

Ia mengemukakan, kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Kementerian Perdagangan dengan pengusaha yang menyalurkan dana mereka untuk membantu masyarakat ini.

"Ada sekitar 300 pondok pesantren di seluruh Indonesia yang mendapatkan bantuan pada kegiatan ini dengan masing-masing pondok mendapatkan sebanyak 500 paket bantuan bahan pokok murah," ucapnya.

Ia mengatakan, setiap paket bahan pokok tersebut di antara berisi dua kilogram beras, minyak goreng, terigu dan juga sirup.

"Bahan pangan tersebut dijual dengan harga Rp50 ribu dari harga normal aslinya Rp100 ribu," ucapnya.

Ia menambahkan, pada kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan bahan pangan menjelang lebaran.

"Dan dari pantauan kami, untuk tahun ini harga kebutuhan pangan masih terpantau stabil dan tidak ada kendala yang berarti. Bahkan, ada beberapa komoditas bahan pangan yang harganya mengalami penurunan," ucapnya.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, Kyai Mubayin Syafii mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini.

"Diharapkan pada kesempatan yang akan datang bisa lebih banyak supaya masyarakat yang ada di lingkungan pondok pesantren ini bisa merasakan kebahagiaan saat lebaran nanti," ucapnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017