Sampang (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Sampang, Jawa Timur mendirikan tiga pos pantau di tiga lokasi berbeda guna memantau arus mudik dan balik Lebaran 1438 Hijriah kali ini.

Menurut Kasi Lalu Lintas Angkutan Jalan Dishub Sampang Khotibul Umam di Sampang, Selasa, ketiga pos pantau Lebaran itu masing-masing di Jalan Raya Jrengik, di Kota Sampang dan di sekitar Pantai Camplong, Sampang.

"Masing-masing pos nantinya akan dijaga oleh tim gabungan dari Dinas Perhubungan, Polres, TNI dan Satpol-PP Pemkab Sampang," katanya, menjelaskan.

Pembangunan pos pantau Lebaran mulai H-10 Lebaran, sedangkan pemantauan arus lalu lintas mulai H-7 hingga H+7 Lebaran.

Selain mendirikan pos pantau Lebaran, Dishub Sampang kini juga memasang kamera pengintai di jalan protokol di kota itu, guna memudahkan petugas dalam melakukan pengawasan.

"Selain itu, jika terjadi kecelakaan lalu lintas di ruas jalur utama di dalam kota juga mudah terpantau, sehingga penanganannya juga lebih cepat," ujar Khotibul Umam.

Secara umum, kata dia, persiapan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran di Kabupaten Sampang sudah siap, dan tahapan telah dilakukan, dengan melakukan pengecekan kelaikan kendaraan angkutan umum.

"Selain itu, kami bersama Polres Sampang dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) telah melakukan pemeriksaan kesehatan sopir MPU dan tes urine," kata Khotibul Umam, menerangkan. (*) 

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017