Sumenep (Antara Jatim) - Harga bawang putih di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin,  kembali  turun menjadi Rp34 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp40 ribu pada pertengahan pekan lalu (8/6) dan Rp45 ribu pada awal pekan lalu..

"Informasi dari pedagang, stok bawang putih melimpah. Kondisi tersebut yang diduga membuat harga bawang putih turun lagi," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Selain bawang putih, harga dua komoditas lainnya di Sumenep dilaporkan turun dibanding pertengahan pekan lalu, yakni cabai merah besar biasa dan kentang.

Harga cabai besar yang sebelumnya Rp20 ribu per kilogram turun menjadi Rp14 ribu dan dan kentang dari Rp15 ribu menjadi Rp14 ribu.

"Sesuai laporan yang kami terima, hanya satu komoditas yang harganya naik dibanding pekan lalu, yakni cabai kecil dari Rp25 ribu per kilogram menjadi Rp28 ribu," kata Sukaris, menerangkan.

Sementara harga komoditas lainnya tercatat stabil, di antaranya beras tetap pada kisaran Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga sejumlah jenis daging juga tetap hingga saat ini, yakni daging sapi Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp70 ribu, dan daging ayam broiler Rp32 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017