Sumenep (Antara Jatim) - Pimpinan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget meminta warga untuk segera mendaftar sebagai calon peserta program kapal mudik dan balik gratis yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Warga yang ingin memanfaatkan atau menjadi peserta program kapal mudik dan balik gratis ini memang harus mendaftar lebih dulu. Segera mendaftar supaya tercatat sebagai calon peserta," ujar Kepala KSOP Kalianget, Moch Iksan di Sumenep, Sabtu.

Serupa tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali melaksanakan program kapal mudik dan balik gratis pada masa angkutan Lebaran 2017.

Kantor KSOP Kalianget ditetapkan sebagai salah satu lokasi pendaftaran program kapal mudik dan balik gratis untuk rute Kalianget-Kangean, Sumenep.

"Kapal yang akan digunakan sebagai armada program kapal mudik dan balik gratis itu adalah kapal cepat dengan kapasitas angkut sebanyak 350 orang setiap kali berangkat," kata Iksan, menerangkan.

Ia menjelaskan, keterbatasan daya angkut kapal tentunya bisa menjadi persoalan tersendiri, ketika nantinya jumlah calon pendaftarnya membeludak.

Untuk pemberangkatan kapal mudik gratis di jalur Kalianget-Kangean dan sebaliknya dijadwalkan satu trip setiap hari selama enam hari, yakni pada 19-24 Juni 2017.

"Dalam konteks itu, kami imbau warga segera mendaftar. Kalau sudah kehabisan kursi pada waktu pemberangkatan tertentu, bisa segera pesan kursi untuk waktu lainnya. Program kapal mudik dan balik gratis hanya selama enam hari," ujarnya.

Ia khawatir warga berbondong-bondong mendaftar sebagai calon peserta program kapal mudik dan balik gratis pada hari "H" pemberangkatan kapal.

"Kalau tidak kehabisan kursi, tentunya tidak ada masalah. Namun, jika sebaliknya tentunya akan ada yang kecewa. Untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, segera mendaftar dan kalau pun kehabisan kursi tentunya sudah tahu lebih awal," kata Iksan, menambahkan.

Pimpinan KSOP Kalianget menyiapkan dua hingga tiga staf untuk melayani warga yang mendaftar sebagai calon peserta program kapal mudik dan balik gratis pada tahun ini.

Hingga Sabtu siang, jumlah pendaftar kapal mudik gratis di jalur Kalianget-Kangean untuk pemberangkatan pada 19 Juni 2017 sebanyak 216 orang.

Selanjutnya untuk pemberangkatan 20 Juni sebanyak 61 orang, 21 Juni sebanyak 55 orang, 22 Juni sebanyak 133 orang, 23 Juni sebanyak 121 orang, dan 24 Juni sebanyak 104 orang. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017