Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memfasilitasi pendaftaran calon pemudik dengan memberikan pelayanan dalam jaringan (daring) untuk program mudik gratis dalam rangka Lebaran 2017.

"Tahun ini para calon pemudik bisa mendaftar melalui 'online' atau daring sehingga tidak perlu antre di lokasi pendaftaran," ujar Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Kemudahan ini, kata dia, sebagai bagian dari evaluasi dan perbaikan dari Pemprov Jatim kepada masyarakatnya, terlebih mayoritas telah memiliki ponsel pintar.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut menjelaskan, cara untuk mendaftar secara daring yaitu dengan masuk ke laman "mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id".

"Pendaftaran sudah bisa dilakukan sejak 5 Juni 2017 dan ditutup pada 18 Juni 2017. Calon pemudik dapat memilih tujuan, memantau ketersediaan kursi dan sebagainya," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua DPD Organda Jawa Timur Mustofa mengapresiasi program mudik gratis yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Pemprov Jatim, namun diharapkan armada yang digunakan merupakan bus yang sesuai dengan trayek tujuan tersebut.

"Ini dilakukan untuk memberikan rasa keadilan sehingga bukan bus tujuan suatu daerah digunakan untuk mengangkut penumpang dari daerah lain," ucapnya.

Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Jatim Muhammad Said Sutomo menyampaikan bahwa mudik gratis ini telah memenuhi harapan masyarakat yang ingin mengendarai kendaraan umum secara gratis, mutu pelayanan baik dan tepat waktu.

"Harga sudah dijamin Pemprov Jatim, mutu pelayanan dilakukan dengan baik oleh Dishub Jatim serta didukung ketepatan waktu. Jadi, beban masyarakat dalam kegiatan mudik Lebaran ini sudah bisa teratasi," tuturnya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017