Situbondo (Antara Jatim) - Perwakilan Ikatan Santri dan Alumni Salafiyah Syafiiyah (IKSASS) Rayon Situbondo, Jawa Timur, Kamis melaporkan salah satu "website" atau laman yang memampang foto almarhum Kiai Haji Raden Achmad Fawaid As'ad Pengasuh ketiga Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Situbondo.

"Kami datang ke Polres Situbondo menyampaikan laporan tertulis dari beliau Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafiiyah Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih KHR Azaim Ibrahimy karena ada indikasi modus penipuan 'pesugihan' pada konten yang beredar dibeberapa situs gratis internet tersebut memampang foto Kiai Fawaid," ujar salah seorang Alumni Ponpes Salafiyah Syafiiyah Situbondo Zainiye usai menyerahkan laporan tertulis di Polres Situbondo, Kamis.

Ia mengemukakan, dalam surat tersebut intinya menyebutkan bahwa Kiai Fawaid selama menjadi pengasuh pesnatren hingga akhirnya wafat, hanya memiliki aktifitas sebagai pengasuh dan selain itu juga aktif di partai politik.

Wakil Ketua DPRD Situbondo itu juga menegaskan jika adanya oknum yang mencatut dan memampang foto Kiai Fawaid tersebut membuat pihak pondok pesantren keberatan dan merasa dirugikan.

"Oleh karena itu kami juga akan meminta bantuan ke Polda Jatim agar ikut membantu Polres Situbondo dalam mengungkap siapa dan orang yang sudah mencatut foto Kiai Fawaid dan yang jelas kami tidak terima akan hal ini, karena perbuatan ini sangat merugikan pihak pesantren kami," ucapnya.

Sementara Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setyono membenarkan jika pihaknya menerima pengaduan secara tertulis dari Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafiiyah KHR Azaim Ibrahimy yang isinya berkaitan dengan dugaan penipuan dengan modus pesugihan dengan memampang foto Kiai Fawaid.

"Karena hal ini dianggap sudah merugikan pihak pesantren, untuk itu kami juga akan berkoordinasi dengan Polda Jatim agar berkoordinasi dengan lintas Polda, sebab dugaan sementara pelaku ini berada di luar Polda Jatim (luar Jawa)," katanya.

Data diperoleh, situs yang memampang foto almarhum Kiai Fawaid itu diketahui bernama "Pesugihan H Abdul Malik" dan beberapa situs lainnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017