Sumenep (Antara Jatim) - Harga bawang putih di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, kembali Rp40 ribu per kilogram atau turun dibanding awal pekan ini (5/6) yang Rp45 ribu.

"Dalam dua pekan ini, bawang putih merupakan komoditas yang harganya naik turun," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Harga bawang putih yang pada pekan lalu Rp40 ribu per kilogram itu naik menjadi Rp45 ribu pada awal pekan ini dan selanjutnya pada pertengahan pekan ini kembali menjadi Rp40 ribu.

Selain bawang putih, harga cabai merah kecil biasa juga turun dari Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp25 ribu.

"Informasi dari para pedagang, pasokan bawang putih dan cabai kecil lancar dan melimpah. Kondisi tersebut yang diduga membuat harga dua komoditas tersebut turun," kata Sukaris, menerangkan.

Sesuai hasil pantauan dari staf Disperindag Sumenep, harga tomat pada pertengahan pekan ini juga turun dari Rp9 ribu per kilogram menjadi Rp8 ribu.

Staf Disperindag Sumenep secara rutin memantau harga komoditas di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding.

Sementara harga komoditas lainnya terpantau stabil, di antaranya daging sapi Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp70 ribu, dan daging ayam broiler Rp32 ribu. 

Harga beras juga tetap pada kisaran Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017