Bangkalan (Antara Jatim) - Madura United FC berhasil menaklukkan Persipura Jayapura pada laga lanjutan liga 1 Indonesia yang digelar di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Jawa Timur, Rabu (7/6) malam dengan skor akhir 2-0.

Gol Madura United dicetak oleh Greg Nwokolo di menit ke-38 dan Peter Osaze Odemwingie di menit ke-49.

Tuan rumah Madura United menerapkan sistem permainan menyerang sejak menit-menit awal, bahkan dua kali tembakan pemain Madura United nyaris membobol gawang Persipura, namun belum membuahkan hasil.

Madura baru bisa mencetak gol pada menit ke-38 lewat tendangan Greg Nwokolo.

Tertinggal 1 gol, Persipura berupaya meningkatkan permainan dengan mengandalkan serangan melalui sayap kiri dan kanan.

Klub berjuluk "Mutiara Hitam" ini bahkan sempat membuat Fabiano Beltram dan kawan-kawan kelabakan, namun tidak berbuah gol.

Hingga turun minum, Persipura tetap tidak bisa menyamakan kedudukan, dan skor tetap 1-0 untuk Madura United.

Pada babak kedua, Pelatih Persipura Lestiadi berupaya menambah daya serang dengan menggantikan Elisa Basna dengan Addison Alves. Madura juga melakukan hal yang sama, bahkan mengganti dua pemain sekaligus, yakni Bayu Gatra Sanggiawan dan Guntur Ariyadi masuk, menggantikan Fandi Eko Tomo dan Saldi.

Pada babak kedua ini, Persipura memang terlihat lebih agresif. Bahkan pada menit ke-49 klub "Mutiara Hitam" nyaris membobol gawang Madura United, namun tidak berbuah gol.

Upaya persipura untuk menyamakan kedudukan tidak berbuah manis, bahkan pada menit ke-60 kapten Persipura Boas Salossa harus terusir dari lapangan, karena mendapatkan kartu kuning kedua dari wasit yang memimpin pertandingan.

Marquee Player Madura United Peter Osaze Odemwingie menjadi eksekutor dan sukses menembus gayang Persipura, sehingga skor menjadi 2-0.

Riuh supporer "Madura Bersatu" dari komunitas Kaconk Mania, Trunojoyo Mania, Peccot Mania dan Taretan Dhibik seketika itu juga menggema. Lagu "Yo Ayu Maduraku" dengan iringan musik daul menambah semangat klub berjuluk "Laskar Sape Kerrap" ini.

Sementara dari Tribun Tamu, terdengar teriakan "Pecat Lestiadi" setelah Persipura tertinggal dua gol oleh tuan rumah Madura United.

Meski unggul 2-0 tuan rumah Madura United terlihat terus berupaya menggencarkan serangan. Namun menjelang penghujung laga Madura juga harus bermain dengan 10 orang pemain, karena Guntur Ariyadi disanksi kartu merah. Hingga peluit panjang ditiup wasit, skor untuk Madura United tidak berubah, yakni 2-0.

Pelatih Madura United Mario Gomes De Oliviera menyatakan, kemenangan "Laskar Sape Kerrap" atas Persipura Jayapura kali ini, tidak lepas dari latihan serius yang telah dijalaninya selama ini.

"Ini berkat perjuangan mereka dan semangat kuat untuk memenangkan pertandingan, disamping kekompakan antarpemain," ujar Gomas seusai pertandingan.

Dengan kemenangan tersebut, kini Madura United mengoleksi 19 poin dari 10 pertandingan yang telah dijalaninya, kalah satu poin dari PSM Makassar sebagai pemuncak klasemen sementara liga 1 Indonesia kali ini.

Berikut susunan pemain kedua kesebelasan, Madura United FC dan Persipura:

Madura United FC: Hary Prasetyo; Rizky Febriyanto, Fabiano Beltrame, Munhar, Eriyanto, Dane Milovanovic Elthon Maran, Asep Berlian, Fandi Eko Utomo, Guntur Ariyadi, Greg Nwokolo, Peter Odemwingie, Saldi, Bayu Gatra Sanggiawan dengan pelatih Mario Gomes De Oliviera.

Persipura: Yoo Jae-Hoon, Yustinus Pae, Dominggus Fakdawer, M Tahir, Ricardo Salampessy, Ruben Sanadi, Elisa Basna, Addison Alves, Yan Nasadit, Ian Kabes, Nelson Alom, Boaz Solossa, Priska Womsiwor, dan Imanuel Wanggai dengan pelatih Lestiadi. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017