Surabaya (Antara Jatim) -  Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi sejumlah kantor dinas di lingkungan Provinsi Jawa Timur, salah satunya adalah Dinas Peternakan di Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu. 
     
Sedikitnya 10 orang penyidik KPK terlihat menggeledah sejumlah ruangan di Kantor Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur. 
     
Aktivitas penyidikan dijaga oleh empat orang petugas dari Brigadir Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah Jawa Timur. 
     
"Mereka datang sekitar pukul 10.00 pagi," ujar Suharyono, salah seorang petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang bertugas di Dinas Peternakan Jawa Timur. 
     
Dia menyaksikan petugas KPK memilah-milah dokumen di ruang kerja Kepala Dinas Peternakan.  
     
"Saya lihat ada lima kardus berkas yang sudah dipilah-pilah," katanya.
     
Selain menggeledah ruang Kepala Dinas Peternakan, penyidik KPK tampak memasuki ruang Keuangan APBN di lingkungan Kantor Dinas Peternakan Jawa Timur. 
     
Setelah itu penyidik bergerak memasuki ruang arsip dan perpustakaan Kantor Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.  
     
Sehari sebelumnya, Selasa (6/6), Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Rohayati ditangkap KPK sekaligus ditetapkan sebagai tersangka.
     
Dia diduga menyuap Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur Mochamad Basuki terkait fungsi pengawasan penggunaan anggaran dan revisi peraturan daerah di Provinsi Jawa Timur tahun 2017.
     
Sejumlah tersangka lain dalam kasus ini yang telah ditahan KPK adalah Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur dari fraksi Partai Gerindra Mochamad Basuki, beserta dua orang staf DPRD Jawa Timur Rahman Agung dan Santoso.
     
Selain itu Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur Bambang Heryanto bersama ajudannya Anang Basuki Rahmat juga ditetapkan sebagai tersangka.
     
Hari ini KPK tampak mendalami penyelidikan kasus tersebut. Selain menurunkan penyidik di Kantor Dinas Peternakan Jawa Timur, penyidik KPK juga terpantau menggeledah Kantor DPRD Jawa Timur di Jalan Indrapura Surabaya.
     
Selain itu tim penyidik KPK juga terlihat di menggeledah Kantor Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur di Jalan Ahmad Yani Surabaya. 
     
Hingga berita ini diturunkan, kegiatan penggeledahan oleh penyidik KPK masih sedang berlangsung di Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur. Sedangkan penyidik KPK terlihat telah meninggalkan Kantor DPRD Jawa Timur pada sekitar pukul 15.00 WIB. (*) 
Video oleh: Hanif Nasrullah

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017