Blitar (Antara Jatim) - Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri buka bersama dengan seluruh kader partai, di Pendopo Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Senin.
     
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristyanto mengemukakan kegiatan buka bersama ini sengaja dilakukan. Selain memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni juga menghormati bulan Ramadhan.
     
"PDIP dengan seluruh pengurus DPC, DPD, dan alat kelengkapan partai di Blitar ini untuk buka puasa, menghormati bulan suci Ramadhan, dan ini juga sesuai pelaksanaan sila Ketuhanan yang Maha Esa, sila pertama Pancasila," katanya ditemui di sela-sela kegiatan tersebut, Senin malam.
     
Ia juga mengatakan, kegiatan ini juga sengaja mengundang seluruh kader partai. Kegiatan ini juga bagian dari konsolidasi partai.
     
"Ini bagian dari konsolidasi, struktural partai. Lebih-lebih ramadhan, kami ingin satukan seluruhnya, menyatukan komitmen kepartaian dan mengambil hikmah dari seluruh nilai ketuhanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.
     
Hasto juga mengatakan, selain buka bersama dengan seluruh kader partai yang dilanjutkan dengan tarawih bersama juga tahlil bersama dipimpin oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.
     
"Bertepatan dengan peringatan hari lahir Pancasila, nantinya setelah rangkaian buka puasa juga tahlil bersama dipimpin KH Said. Ini tentu bagian dari upaya partai membumikan seluruh sila Pancasila, sehingga semua merupakan satu kesatuan, sebagai umat beragama," katanya.
     
Dalam kegiatan tersebut, hadir sejumlah pengurus PDIP dari pusat hingga daerah, anggota DPR dari fraksi PDIP pusat hingga daerah, sejumlah kepala daerah dari PDIP. Menteri yang hadir adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. 
     
Kepala daerah yang hadir misalnya Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Wali Kota Batu terpilih Dewanti Rumpoko, dan sejumlah kepala daerah lainnya.
     
Acara buka bersama tersebut diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Blitar, sementara untuk shalat tarawih dan tahlil diselenggarakan di areal makam mantan Presiden Soekarno, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. 
     
Dalam acara tersebut, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri juga akan memberikan sambutan. Acara itu juga diikuti ribuan kader partai. 

Sedangkan, keesokan harinya, Megawati direncanakan akan meresmikan patung Bung Karno, di Simpang Tiga Herlingga Kota Blitar. Setelah itu, ia akan melanjutkan perjalanan pulang lewat jalur darat ke Malang, menuju Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang. (*)
Video oleh: Asmaul Chusna

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017