Sumenep (Antara Jatim) - Harga cabai merah kecil biasa di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat, turun drastis dibanding awal pekan ini (29/5).

"Sesuai laporan dari staf kami, harga cabai kecil saat ini Rp30 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp55 ribu. Penurunannya cukup drastis," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Selain cabai kecil, harga cabai merah besar biasa juga turun dari Rp24 ribu per kilogram menjadi Rp20 ribu.

"Informasi dari pedagang, stok cabai besar maupun kecil pada saat ini melimpah. Kondisi tersebut yang diduga menjadi penyebab harga cabai turun," kata Sukaris, menerangkan.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. 

Sesuai hasil pemantauan yang dilakukan staf Disperindag Sumenep pada Jumat ini, terdapat tiga komoditas yang harganya turun dan satu komoditas naik.

Selain cabai kecil dan besar, harga bawang putih juga turun dari Rp45 ribu per kilogram menjadi Rp40 ribu.

Komoditas yang harganya naik adalah bawang merah dari Rp24 ribu per kilogram menjadi Rp27 kilogram.

Sementara harga komoditas lainnya tercatat stabil dibanding awal pekan ini, di antaranya harga daging sapi Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp70 ribu, dan daging ayam broiler Rp32 ribu. 

Harga beras juga tetap pada kisaran Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017