Surabaya (Antara Jatim) - Fitur pencarian Google meluncurkan fitur baru untuk menemani penggunanya pada bulan Ramadhan, tujuannya untuk membuat setiap rutinitas menjadi lebih mudah dan nyaman.

"Fitur baru yang kami hadirkan ini berdasarkan pencarian terbanyak selama bulan Ramadan. Sebut saja pencarian tinggi di Google Search tentang menu buka puasa, jalur mudik, hingga tempat ngabuburit. Keseluruhan fitur terbaru dari Google hadir untuk menjadi teman selama Ramadan," kata Kepala Marketing Google Indonesia Veronica Utami dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Rabu.

Veronika berharap semua orang dapat semakin menikmati momen Ramadan bersama teman, keluarga, dan tentu saja, Google, karena Ramadhan selalu ditunggu untuk bersilaturahmi bersama teman dan kerabat. 

Fitur terbaru itu antara lain Search, Maps, Play dan YouTube untuk menjadi teman di empat peristiwa terpenting Ramadhan, seperti puasa, ngabuburit, mudik dan hari raya.

Selain itu, fitur Cari meja (Find a table) di Google Maps yang telah bekerja sama dengan Qraved dan Chope, yakni fitur untuk menemukan restoran terdekat, dan dapat memesan meja restoran langsung dari Google Maps sekalipun dalam perjalanan. 

"Anda tak perlu khawatir lagi tidak mendapatkan meja untuk berbuka puasa bersama kerabat," katanya

Fitur lainnya adalah 'Ramadan YouTube Shelf" sebagai teman ngabuburit, seperti lagu, resep masak hingga konten Ramadan yang khusus dibuat oleh para YouTube creators. 

"Untuk pecinta gaming, Google juga menyiapkan promosi khusus #SalipLevel untuk bermain game favorit dan berbagi kegembiraan dengan teman melalui Kartu Hadiah Google Play," katanya.

Sementara sebagai teman mudik, google menyiapkan fitur Google Maps yang kini dapat membantu mencari masjid untuk beribadah ketika sedang berada dalam perjalanan. 

"Juga tidak kalah seru, selama perjalanan mudik, ada YouTube Offline yang dapat menemani kapan pun tanpa koneksi Internet," katanya

Selain itu pada Hari Raya Idul Fitri, Google mempersiapkan fitur terbarunya sebagai teman hari raya di Maps yaitu bagikan lokasi, sehingga bisa memberitahukan dan mendapatkan posisi kerabat secara real-time ketika sedang dalam perjalanan menuju tempat berkumpul. 

Dan bisa mengambil mengambil foto saat sedang berkumpul dengan keluarga karena adanya fitur Album Sharing di Google Photos, sehingga setiap anggota keluarga dapat lebih mudah mengkses foto atau menambahkan foto yang tersimpan di ponsel pintar secara mudah dari manapun dan kapanpun hanya dengan sentuhan jari. 

Google Maps juga dilengkapi dengan fitur Transit untuk Commuter Line (KRL), yaknk dapat memantau kapan kereta tiba secara real-time beserta lama perjalanan dan juga informasi biaya perjalanan.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017