Surabaya (Antara Jatim) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan perahu wisata tenaga surya pemberian PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) sebagai kado HUT ke-724 Kota Surabaya di Sungai Kalimas Taman Prestasi Surabaya, Rabu. 
     
"Pokoknya awalnya saya mau yang berbeda dengan yang lain. Kalau perahu menggunakan baterai sudah biasa, tapi yang menggunakan tenaga surya tidak ada. Akhirnya tidak sampai enam bulan, ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya) mampu membuatnya," kata Risma saat memberikan sambutan di acara peresmian perahu wisata.

Menurut dia, perahu wisata ini nantinya bisa digunakan oleh masyarakat umum berwisata air menyusuri sungai Kalimas. "Tentunya ini bermanfaat buat masyarakat Surabaya," ujarnya.

Perahu wisata senilai Rp700 juta itu diserahkan langsung oleh Executive Vice President PT Telkomsel Area Jawa Bali Ririn Widaryani kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat peresmian. 

Penyerahan juga disaksikan pembuat perahu, yakni Prof. Dr. Ir. Eko B Djatmiko, Msc dari Fakultas Kelautan ITS sekaligus ketua tim pengerjaan kapal dari ITS yang didukung oleh Telkomsel.

Ririn Widaryani mengatakan perahu wisata ini diberi nama "Sawunggaling Surya Transport". Nama perahu wisata berkapasitas 10 orang ini terinspirasi dari kehebatan tokoh legendaris Surabaya di masa lalu yakni Tumenggung Raden Mas Ngabehi Sawunggaling.

"Kehebatan tokoh Sawunggaling sebagai Adipati Surabaya di masa lalu, diharapkan, akan terus diingat oleh arek-arek Suroboyo," katanya.

Ririn menambahkan, wisata air di Kota Surabaya perlu digalakkan. Fasilitas pendukung sudah tersedia dan keindahan Kota Surabaya juga asyik dinikmati di sepanjang menyusuri sungai dengan kapal wisata maupun perahu. 

"Ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar Surabaya. Selama ini, Surabaya lebih didominasi wisata belanja, wisata pendidikan dan wisata religi. Kami optimistis, ke depan wisata air Kota Surabaya bisa menjadi jujugan wisatawan domestik maupun mancanegara," katanya.

Ide menyumbang perahu wisata ini, lanjut Ririn, muncul dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini . Saat itu, mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya menceritakan kalau kondisi sungai-sungai di Surabaya jauh lebih bersih dan indah dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

Risma kemudian menanyakan kontribusi Telkomsel untuk keindahan dan kebersihan sungai di Surabaya, apa ?. "Untuk wisata darat, kami sudah menyumbang satu unit bus wisata. Masyarakat bisa berkeliling kota," ujarnya.

Menurut Ririn, perahu wisata ini memiliki beberapa keistimewaan. Perahu ini menggunakan tenaga surya, dashboard touch screen serta dilengkapi beberapa sensor suhu udara dan sensor PH Air. Untuk tenaga suryanya sendiri bisa disimpan di baterai sebagai cadangan. 

"Perahu ini dibuat dari bahan fiberglass dengan total waktu pembuatan selama enam bulan," katanya. (*)
Video istimewa

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017