Blitar (Antara Jatim) - Puluhan perempuan berusia lanjut di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, mengikuti kegiatan pondok ramadhan yang diselenggarakan di pesantren lansia Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun, kabupaten setempat.
     
Badriah, salah seorang peserta mengaku sengaja ikut acara ini guna memanfaatkan waktu dengan baik melalui kegiatan pengajian.
     
"Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun dan saya ikut. Di tempat ini juga banyak temannya," kata Badriah pada wartawan di Blitar, Senin. 
     
Kegiatan pesantren lansia ini diselenggarakan di Masjid Al Mawaddah, Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Para peserta juga menginap di lokasi pondok sekitar setengah bulan selama ramadhan.
     
Tempat tinggal sementara yang digunakan juga sederhana, namun tidak menyurutkan para lansia yang berusia sekitar 50-85 tahun ini mengikuti pengajian selama ramadhan. 
     
Selain mengikuti pengajian yang sudah dijadwalkan oleh pengurus pesantren lansia, mereka juga mengikuti senam sederhana untuk menjaga kesehatan.
     
Contohnya, mereka bersama-sama saling pijat secara bergantian, guna menghilangkan capai dan penat selama pengajian. 
     
Kegiatan di pesantren lansia tersebut mulai subuh hingga malam. Selain mengikuti pengajian secara bersama-sama. Jika pengajian sudah selesai, mereka istirahat ataupun tadarus.  
     
Sementara itu, panitia kegiatan pesantren lansia Sribanun mengatakan kegiatan ini khusus diikuti yang sudah lanjut usia. Mayoritas mereka adalah perempuan. 
     
Kegiatan ini juga diharapkan bermanfaat bagi peserta. Mereka mendapatkan ilmu agama baru dalam kegiatan tersebut.
     
"Kegiatan ini juga menambah kedekatan dan tali silaturahmi  di antara para peserta. Acara ini juga membantu yang sudah lanjut usia, dengan harapan menjadi taat beribadah dengan pembelajaran ilmu agama selama di pesantren," kata Sribanun. 
     
Ia menambahkan, dalam kegiatan ini diikuti sekitar 50 lansia dari berbagai daerah di Kabupaten Blitar, misalnya Kecamatan Garum, Talun, Gandusari, Kanigoro, Kesamben, dan sejumlah daerah lainnya. 
     
Selama kegiatan, para lansia juga bisa dengan konsentrasi mengaji. Seluruh kebutuhan selama kegiatan ini ditanggung oleh pengurus serta donatur. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017