Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menginstruksikan jajaran pemerintah di seluruh wilayahnya menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada Kamis, 1 Juni 2017.

"Pak Gubernur menginstruksikan ke semua kepala daerah dan organisasi perangkat daerah jajaran Pemprov Jatim menyelenggarakan peringatan Hari Lahir Pancasila," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Benny Sampir Wanto kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Instruksi tersebut tertuang dalam surat tertanggal 26 Mei 2017 Nomor: 019/9157/033/2017 perihal Pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila.

Instruksi ini, kata dia, menindaklanjuti Surat Menteri Sekretaris Negara yang di antaranya memerintahkan agar semua pemerintah daerah melaksanakan upacara secara terpusat sekaligus melaksanakan Pekan Pancasila mulai 29 Mei hingga 4 Juni 2017. 

"Bentuknya berupa kegiatan-kegiatan yang dapat memperdalam pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Pancasila," ucap mantan Kepala Biro Kerja Sama Pemprov Jatim tersebut.

Selain instansi-instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD, kata dia, kewajiban upacara juga diberlakukan untuk semua SMA dan SMK di Jatim, termasuk surat kepada Kepala Dinas Pendidikan Jatim juga telah disampaikan.

Di lingkungan Pemprov Jatim sendiri, pelaksanaan upacara tingkat provinsi dipusatkan di Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo Surabaya dengan inspektur Gubernur Jatim.

Peserta upacara antara lain taruna AAL, TNI dan Polri, Korpri, Satpol PP, linmas, mahasiwa/menwa, taruna tanggap bencana/tagana, dan pramuka yang temanya adalah "Saya Indonesia, Saya Pancasila".

Sementara itu, Pemerintah melalui Keppres Nomor 24/2016 tertanggal 1 Juni 2016 menetapkan 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila, hari libur nasional, serta memperingatinya bersama seluruh komponen bangsa. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017