Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, akan menggelar operasi pasar murah, guna menstabilkan harga saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 2017.
     
"Kami akan melaksanakan operasi pasar, mengantisipasi terjadinya gejolak harga di pasaran, perubahan harga ataupun adanya kenaikan harga komoditas tertentu," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri Yetti Sisworini di Kediri, Sabtu.
     
Ia mengatakan, kegiatan pasar murah ini sebenarnya agenda tahunan yang selau digelar menjelang idul fitri. Kegiatan operasi pasar 2017 ini akan dimulai pada 29 Mei 2017.
     
"Kami akan jadwal, mulai 29 Mei di masing-masing titik di tiga kecamatan. Nanti setiap kecamatan tiap hari di satu kelurahan," ujarnya.
     
Untuk komoditas, ia mengatakan ada beras, minyak goreng, gula pasir, maupun telur. Barang-barang itu dari pelaku usaha yang sudha kerjasama. Nantinya, setiap titik disediakan sesuai dengan jumlah permintaan.
     
Yetti menambahkan, dalam kegiatan ini barang murni kerjasama dengan pelaku usaha. Namun, jika ada kekurangan akan koordinasi dengan Bulog Subdivre Kediri.
     
Ia pun menegaskan, harga jual komoditas yang dijual di operasi pasar nantinya tetap di bawah harga pasar. Namun, mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, untuk pembelian tetap dibatas.
     
"Pembelian tetap dibatasi. Nanti juga tidak melalui KTP, kupon, jadi dengan pembatasan diharapkan tidak ada penimbunna bagi yang punya uang banyak," ujar Yetti.
     
Yetti juga berharap kegiatan operasi pasar juga berlangsung dengan lancar. Dari hasil evaluasi kegiatan tahun lalu, ia akan meminta panitia di kelurahan lebih siap, misalnya terkait dengan tempat sebagai lokasi pasar murah.
     
Sementara itu, Koordinator TPID Kediri Djoko Raharto mengatakan saat ini pasokan dn stok barang di Kota Kediri relatif mencukupi. Selain itu, permintaan masyarakat juga masi stabil.
     
"Kami lihat di lapangan, permintaan masyarakat masih stabil, ekspektasi masih terjaga. Sementara, dari sisi suplai cukup," katanya.
     
TPID, kata dia, juga mendukung penuh terkait dengan kegiatan operasi pasar tersebut, sebagai salah satu upaya menjaga inflasi agar tetap stabil. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017