Blitar (Antara Jatim) - Tim Rukyatul Hilal yang melakukan pengamatan di Pantai Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, gagal melihat hilal, karena terhalang mendung tebal
     
"Di pantai serang tidak berhasil karena mendung tebal. Matahari juga tidak kelihatan, jadi mustahil hilal kelihatan," kata Ketua Badan Hisab Rukyat Kabupaten Blitar Uzal Syahruza di Blitar, Jumat petang.
     
Cuaca di sekitar Pantai Serang, Kabupaten Blitar sejak pukul 17.00 WIB terlihat mendung. Bahkan, hingga 30 menit kemudian, pengamatan hilal juga masih gagal.
     
Ia juga mengatakan, hasil dari pemantauan ini akan tetap dilaporkan ke pusat, dan untuk keputusan tetap menunggu dari pusat.
    
Namun, dari sejumlah informasi yang ia dapat, di sejumlah titik sudah bisa terlihat hilal, sehingga dipastikan 1 Ramadhan 2017 jatuh pada Sabtu (27/5). 
     
Sementara itu, kegiatan memantau hilal tersebut memang sengaja dilakukan Pantai Serang, Kabupaten Blitar. Lokasi itu juga menjadi pusat pemantauan tiap mengamati hilal, misalnya memastikan 1 ramadhan ataupun 1 syawal yang menandai perayaan idul fitri.
     
Dalam kegiatan tersebut, diikuti oleh seluruh lembaga Islam, muspida, serta tokoh masyarakat. Selain itu, ribuan masyarakat juga ikut melihat prosesi memantau hilal. 
    
Kegiatan "Rukyatul hilal" itu secara seremonial dimulai pukul 17.00 WIB, dan langsung dilanjutkan dengan proses "Rukyatul hilal.
     
Sementara itu, Menteri Agama Lukmah Hakim Saifudin menyebut, di sejumlah wilayah Indonesia sudah berhasil melihat hilal. 
     
"Setidak-tidak ada empat titik menyebarkan petugas, dan petugas kesaksiannya melihat hilal di bawah sumpah, mereka yang ada di NTT, Kepulauan Seribu, Sulawesi Utara, dan Jawa Timur semua berhasil melihat hilal," kata Lukman di Jakarta. 
     
Dengan terpantauanya hilal, kata Lukman, 1 Ramadhan 2017 dipastikan pada Sabtu (27/5). Penetapan tersebut juga berdasarkan metode hisab dan rukyat. 
     
Sementara itu, pemantauan hilal di Indonesia dilakukan di 77 titik. Kemenang mendapatkan laporan dari empat titik yang kesaksiannya di atas sumpah. Posisi hilal berada pada 8,73 derajat dan umur hilal 14 jam 57 menit 32 detik. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017