Surabaya (Antara Jatim) - Pembiayaan pembelian mobil di wilayah Surabaya, Jawa Timur diprediksi naik 30 persen menjelang Lebaran, karena kebiasaan masyarakat yang ingin membeli barang baru menjelang hari besar umat Islam tersebut, termasuk mobil.

Kepala Cabang Toyota Astra Finance (TAF) atau pembiayaan mobil khusus Toyota Wilayah Merr Surabaya, Muhammad Arifien di Surabaya, Jumat mengatakan prediksi kenaikan itu mengacu pada tahun 2015, yang mengalami kenaikan sebesar 20 sampai 25 persen.

Arifien mengatakan, kenaikan tahun 2016 lebih baik karena ditopang beberapa program potongan harga yang banyak diajukan pihak bank pembiayaan/kredit.

"Puluhan dealer juga banyak menggelar berbagai program uang muka terendah. Kami pun sama menawarkan uang muka sampai 5 persen bahkan hingga bunga nol rupiah, tujuannya untuk menarik masyarakat melakukan pembelian," katanya.

Program uang muka murah itu, kata dia, terbukti mampu meningkatkan peminat masyarakat untuk membeli mobil, khususnya pada Lebaran.

Arifien menjelaskan, dalam sebulan TAF mampu membiayai 700 permintaan kredit mobil, atau senilai Rp100 miliar dari total 1000 pengajuan yang masuk.

Sementara itu, pangsa pasar TAF untuk pembiayaan di Surabaya saat ini sebesar 45 hingga 57 persen, atau paling dominan dengan kontribusi pembelian jenis mobil merk Toyota sebanyak 55 persen, Daihatsu sebesar 20 persen dan sisanya merk Lexus.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017