Pamekasan (Antara Jatim) - Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Jawa Timur akan melakukan "rukyatul-hilal" yakni melihat bulan secara langsung guna menentukan 1 Ramadhan 1438 Hijriah di Pantai Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan.

"Rukyatul-hilal akan kami gelar Jumat (26/4) oleh tim Hisab dan Rukyat Kemenag Pamekasan," kata Kepala Kemenag Pamekasan Moh Shodiq di Pamekasan, Kamis pagi.

Rukyatul-Hilal yang akan digelar di belakang Gudang Garindo, Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan itu, menurut Shodiq akan mulai pukul 16.00 WIB.

Kemenag juga mengundang sejumlah organisasi keagamaan, seperti Persatuan Islam (Persis), Nahdlatul Ulama (NU), Sarikat Islam (SI), Hidayatullah dan Muhammadiyah Pamekasan.

Selain tim Hisab dan Rukyat Kemenag Pamekasan, tim lain yang juga akan melakukan "rukyatul-hilal" di Pantai Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan itu adalah tim hisab dan rukyat dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan Jurusan Syariah.

Menurut Kepala Kemenag Moh Shodiq, pihaknya sengaja memilih Pantai Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan sebagai lokasi untuk melihat bulan guna menentukan tanggal 1 Ramadhan, karena lokasi itu sudah disetujui oleh Menteri Agama.

"Di Pamekasan Pantai Desa Ambat itu yang telah mendapatkan SK dari Menteri Agama sebagai lokasi untuk melakukan rukyatul-hilal," ujar Shodiq.

Pantai Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan ini merupakan salah satu lokasi di Jawa Timur yang biasa dijadikan tempat untuk melihat bulan dalam menetapkan tanggal 1 Ramadhan dan tanggal 1 Syawal.

Lokasi lainnya ialah di Tanjungkodok, Lamongan, Bukit Condrodipo, Gresik, Bukit Wonocolo Kedewan, Bojonegoro, Pantai Serang dan Bukit Banjarsari Blitar, Pantai Tanjung Mulya, Bawean dan Watukosek, Pasuruan.

Sedangkan di Pulau Madura, "rukyatul hilal" biasa dilaksanakan di Pantai Gebang, Bangkalan, Pelabuhan Taddan, di Kabupaten Sampang dan di Pantai Pasongsongan di Kabupaten Sumenep. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017