Surabaya (Antara Jatim) - Provinsi Nusa Tenggara Barat mengenalkan wisata halal di wilayahnya dengan menggelarFestival Khazanah Ramadhan 2017 yang akan berlangsung 25 Mei hingga 26 Juni 2017.
     
"Festival Khazanah Ramadhan (FKR) 2017 akan kami pusatkan di Islamic Center Masjid Hubbul Wathan, Mataram, Lombok, mulai 25 Mei hingga 26 Juni 2017," ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Lalu Muhammad Fauzal, di Surabaya, Minggu. 
     
Dia mengatakan Festival Khazanah Ramadhan digelar sebagai tindak lanjut program pariwisata Nusa Tenggara Barat sejak memenangkan penghargaan "World's Best Halal Tourism" yang diraih pulau Lombok belum lama lalu.
     
"Sejak itu pariwisata Lombok makin terkenal di dunia, khususnya di kalangan wisatawan muslim, baik dari dalam maupun luar negeri," katanya.
     
Untuk menyukseskan Festival Khazanah Ramadhan, pihaknya menggelar promosi di berbagai daerah, salah satunya di Jawa Timur, yang berlangsung selama akhir pekan ini di Mall City of Tomorrow Surabaya, mulai Jumat (19/5). 
     
"Apalagi selama ini terdata wisatawan yang paling banyak berkunjung ke Nusa Tenggara Barat adalah berasal dari Jawa Timur, khususnya Surabaya," ujarnya.
     
Maka Fauzal berharap Festival Khazanah Ramadhan juga dapat menarik wisatawan asal Jawa Timur.
     
Dia menjelaskan, Festival Khazanah Ramadhan 2017 akan diawali dengan kegiatan jalan sehat sejauh 5 kilometer, sdari kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat hingga Islamic Center, Mataram, pada hari Minggu (21/5).
     
"Dalam festival ini kami juga mendatangkan empat imam besar dari Arab Saudi, Maroko, Libanon dan Mesir, yang nantinya akan secara bergiliran menjadi imam pada tarawih, tahajud, dan Qiyamul Lail di Islamic Center Masjid Hubbul Wathan, Mataram," katanya.
     
Selain itu, Fauzal menambahkan, festival juga menggelar beragam kegiatan religi, mulai dari pameran buku-buku Islam, kuliner halal, pameran pernik dan busana muslimah, pameran foto, kerajinan tangan, pameran seni budaya Islam, serta bazar. 
     
"Berbagai kegiatan sosial diselipkan dalam agenda Festival Khazanah Ramadhan 2017 berupa pelayanan kesehatan gratis dan berbagi. Selain juga berderet lomba yang menyiapkan hadiah-hadiah besar, seperti lomba Vlog, blog, fotografi, mewarnai kaligrafi, pantun Islam, serta lomba pemilihan dai dan remaja Nusa Tenggara Barat," ucapnya.
     
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Jarianto yang turut hadir pada acara promosi pariwisata Nusa Tenggara Barat di Mall City of Tomorrow Surabaya mengapresiasi festival tersebut.
     
"Hal ini merupakan program bagus yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Baratguna mengenalkan destinasi pariwisata, serta meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun manca negara di provinsi setempat," katanya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017