Surabaya, 20/5 (Antara) - Korban selamat kecelakaan Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa I yang terbakar di perairan Masalembu tiba di Surabaya setelah dievakuasi oleh KM Dharma Kartika IX milik perusahaan pelayaran PT Dharma Lautan Utama (DLU).
     
KM Dharma Kartika IX sandar di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sekitar pukul 22.00, Sabtu malam.
     
Petugas Basarnas dibantu personel dari Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya, Polisi Perairan Kepolisian Daerah Jawa Timur, dan petugas medis langsung menggiring para korban di Gudang 100, kawasan Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, untuk dilakukan pendataan sekaligus penanganan medis bagi yang mengalami luka-luka. 
     
Direktur Operasional dan Usaha PT Dharma Lautan Utama Rakhmatika Ardianto menyebut KM Dharma Kartika IX mengevakuasi sebanyak 188 penumpang KM Mutiara Sentosa I.
     
"Kami lakukan pendataan di atas kapal jumlahnya ada 188 orang yang selamat. Jumlah itu termasuk anak buah kapal KM Mutiara Sentosa I," katanya, kepada wartawan di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.  
     
Dia mengatakan KM Dharma Kartika IX sedang dalam pelayaran dari Balikpapan menuju Surabaya dan berada di dekat lokasi kebakaran KM Mutiara Sentosa I di perairan Masalembu pada Jumat (19/5) petang.  
     
"Kami ikut bantu proses evakuasi penumpang dari atas KM Mutiara Sentosa I yang sedang terbakar," ujar Rakhmatika. 
     
Selain KM Dharma Kartika IX, sejumlah kapal turut membantu proses evakuasi para penumpang dari atas KM Mutiara Sentosa I yang terbakar, yaitu KM Meratus Makassar, Tug Boat AS Marina 9, dan Tongkang AS Marina 12.
     
"Kapal-kapal nelayan juga banyak yang membantu proses evkauasi penumpang," ujar Rakhmatika.
     
Dia menambahkan, KM Dharma Kartika IX selanjutnya menunggu keseluruhan proses evakuasi sampai selesai sebelum akhirnya membawa seluruh korban yang selamat ke Surabaya.
     
"Kami menunggu penanganan medis para korban dari Puskesmas di Pulau Masalembu, sebelum akhirnya bertolak menuju ke Surabaya pada Sabtu siang tadi sekitar pukul 11.20 dengan membawa seluruh korban yang selamat," katanya.  
     
Dalam peristiwa ini dilaporkan lima orang penumpang meninggal dunia. Kepala Bidang Penjagaan, Patroli dan Penyidikan Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya Edi Sumarno mengatakan lima korban meninggal saat ini sedang dalam perjalanan menuju Surabaya menggunakan Kapal Negara (KN) SAR 225.
     
"KN SAR 225 diperkirakan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya besok pagi, Minggu, sekitar pukul 04.00 WIB," katanya. (*)
Video oleh: Hanif Nasrullah

Pewarta: Hanif N

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017