Ada berbagai hiburan saat malam datang di Kota Manila, Filipina. Mulai dari belanja ke pusat perbelanjaan terbesar di Asia atau biasa disebut "Mall Of Asia" (MoA), mendatangi pusat kebudayaan setempat serta menikmati Air Menari di Taman Rizal, (Rizal Park).

Salah satu hiburan yang sempat dikunjungi wartawan Antara Jatim saat berada di kota itu adalah Air Menari Taman Rizal. Taman ini, merupakan taman kebanggaan warga Manila yang mengagumi sosok Jose Rizal sang pahlawan nasional negara tersebut.

Lokasi taman sangat luas, dengan pintu masuk dari sisi kanan dan kiri, sedangkan ditengahnya ada simbol tugu atau monumen yang didalamnya terdapat tulang belulang Jose Rizal dikuburkan.

Bendera besar Filipina berukuran kira-kira panjang 4 meter dan lebar 2 meter akan menyambut kedatangan setiap tamu ke taman itu.

Sisi kiri dan kanan jalan taman, dihiasi dengan bunga segar serta sungai kecil. Dan yang paling utama, adalah atraksi air mancur berwarna-warni dengan diiringi lagu-lagu berbahasa Filipina.

Warga biasanya menggunakan taman itu untuk bersantai dan menikmati senja/malam, ada juga yang tidur-tiduran bersama pasangan atau keluarga dengan membawa bekal sendiri dari rumah.

Namun, jika siang hari tentu tidak bisa menikmati air menari karena tarian sinarnya hanya bisa dinikmati saat malam datang.

Meski demikian, pengunjung bisa diperbolehkan masuk ke museum untuk melihat lokasi jose rizal di eksekusi, namun untuk malam hari lokasi museum ditutup.

Jody, salah satu pengunjung asal Indonesia mengaku keberadaan Taman Rizal dan Air Menari menjadi salah satu jujugan rutin setiap wisatawan luar negeri yang berkunjung ke Manila.

"Selain di sini ya di MoA, sebab di tempat lait kalau mau dikunjungi cukup jauh letaknya," katanya.

Taman ini, kata Jeron, salah satu warga Manila mengaku juga merupakan tempat melepaskan penat bagi warga setempat, karena juga bisa digunakan arena berlari atau berolahraga.

"Banyak warga yang memanfaatkan fasilitas taman, selain untuk olahraga juga untuk melepas penat menikmati air yang menari dihiasi dengan lampu warna-warni," ucapnya.(*)
Video oleh: Abdul Malik


Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017