Malang (Antara Jatim) - Prajurit Brigif-1 Marinir melaksanakan latihan renang dan dayung menembus gelombang di Pantai Tamban, Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur, Selasa.

Kegiatan itu disaksikan Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir I Made Sukada, Pasops Letkol Mar Bakti Dasasasi Penanggungan,Kasipam Mayor Marinir Wahyu Widiyono, Pabandya Sops Pasmar-1 Mayor Marinir Ukik dan Ketua Tim Aspek Laut Mayor Marinir Fernando Lumi.
 
Pada materi renang tembus gelombang, peserta latihan melaksanakan renang sejauh 1.000 meter, start di pantai kemudian melaksanakan renang ke tengah laut sejauh 500 meter kemudian putar balik dan finish di pantai. Begitu juga untuk dayung menembus gelombang jarak yang harus ditempuh sejauh 1.000 meter, start di bibir pantai, mendayung ke tengah laut sejauh 500 meter, putar balik kemudian finish di pantai.

Ketua Tim Aspek Laut Mayor Marinir Fernando Lumi mengatakan, untuk aspek laut, materi yang dilatihkan meliputi renang tembus gelombang, dayung tembus gelombang, eksersisi perahu karet, motoris, raid amfibi dan pendaratan khusus.

Sementara itu, Pasops Brigif-1 Marinir Letkol Mar Bakti Dasasasi Penanggungan, selaku Penasehat Latihan (Hatlat) menyampaikan selain materi aspek laut, latihan itu juga melatihkan pada materi Darat 1 dan Darat 2.

Untuk Aspek Darat 1, lanjutnya, materi yang dilatihkan meliputi Sermujam, lorong reaksi, operasi penyeberangan sungai, pertempuran kota, menembak GPMG, menembak GLM dan penyergapan bivak.

Aspek Darat 2, materinya meliputi Gerak Maju untuk Kontak (GMUK), serangan, pertahanan, patroli penyelidik, patroli tempur, pengepungan dan penggeledahan rumah (pungdahmah) dan menembak mortir 60 mm.

“Latihan ini diikuti seluruh prajurit Brigif-1 Marinir, tempat latihannya dibagi menjadi tiga tempat, Aspek Laut di pantai Tamban, Aspek Darat 1 di sepanjang pantai selatan mulai dari Sendang Biru hingga Pantai Nganteb dan Aspek Darat 2 dari Pantai Nganteb hingga Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir Purboyo," kata Pasiops.(*)


Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017