Surabaya (Antara Jatim) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya memprioritaskan tambahan 30 ribu blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik dari Kementerian Dalam Negeri kepada warga yang selama ini memegang surat keterangan pengganti KTP Elektronik. 
     
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya Suharto Wardoyo, di Surabaya, Selasa, mengatakan saat ini baru Kota Surabaya yang sudah mendapatkan dan mengambil blanko KTP Elektronik di Pemprov Jatim. 

"Tambahan blanko KTP Elektronik tiap daerah belum tentu sama, bergantung banyaknya print ready record atau siap cetak. Kota Surabaya jumlah print ready record cukup besar sebanyak 125 ribu-an," katanya.

Ia memperkirakan dari jumlah blanko KTP elektronik yang diterima dari Kemendagri akan habis Mei mendatang. Untuk menyelesaikan pencetakan, lanjut dia, pihaknya berharap Juni nanti ada tambahan lagi.

"Sehingga, sebelum lebaran semua warga pemenang surat keterangan KTP Elektronik bisa mendapatkan KTP Elektronik. Yang belum cetak untuk sementara ini kita beri Surat Keterangan Pengganti KTP Elektronik," katanya.

Suharto Wardoyo mengaku Kemendagri mengetahui kebutuhan KTP Elektronik masing-masing daerah. Untuk Surabaya sendiri, lanjut dia, pada April 2017 sudah menerima 10 ribu blanko, sedangkan pada Mei ini mendapatkan lagi tambahan sebesar 30 ribu blanko.

"Untuk 10 ribu blanko yang diterima pada April, baru terpakai 5 ribu," katanya.

Mengenai prioritas pencetakan, Suharto Wardoyo mengatakan akan diatur oleh masing-masing kecamatan. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017