Madiun (Antara Jatim) - Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar uji kompetensi dan sertifikasi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di bidang teknologi informatika dan komunikasi di Kota Madiun.
     
Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Gembong Kusdwiarto, Senin mengatakan, kegiatan tersebut diprioritaskan untuk calon peserta angkatan kerja muda.
     
"Khususnya lulusan SMK, D1, D2 dan D3 di bidang komputer yang berprestasi untuk memperoleh sertifikat kepemilikan kompetensi," ujar Gembong kepada wartawan.
     
Menurut dia, kegiatan sertifikasi SKKNI tersebut bertujuan untuk membantu angkatan kerja muda dalam meningkatkan kompetensi SDM bidang komunikasi di dunia industri komunikasi nasional dan internasional.
     
"Kegiatan akan dilakukan di Hotel Aston Madiun pada tanggal 8 hingga 10 Mei 2017. Ini merupakan program pusat dan gratis," kata dia.
     
Ia menjelaskan, kegiatan fasilitasi sertifikasi nasional itu diselenggarakan dalam bentuk pemberian materi pengantar sebagai bahan penyegaran kembali terhadap topik yang akan diujikan dan kemudian dilanjutkan dengan ujian sertifikasi.
     
Adapun program yang dibuka untuk diujikan adalah "junior technical support", "junior web programmer", "junior programmer", "network technician", "junior office operator", dan "junior digital artist". 
     
Ia menambahkan, pelatihan sertifikasi tersebut sangat penting guna mencetak SDM yang siap dan mumpuni di bidang teknologi informatika dan komunikasi. Sehingga para generasi muda ini bukan hanya menjadi penonton saja, tetapi menjadi pelaku di daerahnya sendiri.
     
Gembong berharap kegiatan pelatihan kompetensi yang dilakukan selama tiga hari tersebut, bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta agar bisa memperoleh sertifikasi. 
     
"Diharapkan semua peserta dapat mengikuti materi dengan baik dan lulus hingga mendapatkan sertifikasi," katanya. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017