Surabaya (Antara Jatim) - Seniman Cak Kandar menggelar pameran tunggal seni lukis bertajuk "Olah Cipta" sebagai pengukuhan eksistensi dirinya yang telah 50 tahun mengabdikan hidupnya sebagai pelukis. 

"Pameran tunggal kali ini, walaupun jumlah lukisannya seedikit, saya ingin menunjukkan eksistensi diri saya mulai dari awal melukis sampai hari ini," ucap pelukis berusia 67 tahun itu di Surabaya, Senin.
     
Terdapat sedikitnya 20 karya lukisan yang dipamerkan di Ruang Lobi Hotel Bumi Surabaya dan telah terbuka untuk umum mulai 7 – 12 Mei.   
     
Pelukis kelahiran Surabaya yang telah lama menetap di Jakarta itu terkenal dengan lukisan yang menggunakan media bulu, selain juga menggunakan cat minyak dan akrilik. 
     
Karya-karyanya tertuang dalam berbagai tema, ekspresi, dan gaya, mengikuti periode perkembangan sosial politik di tanah air. 
     
Dalam sejarah karirnya, Cak Kandar di antaranya pernah melukis di lokasi banjir lumpur panas Sidoarjo, melukis bersama binatang Gorila di Kebun Binatang Surabaya, melukis bersama penghuni rumah sakit jiwa Menur Surabaya, dan melukis bersama narapidana di Rumah Tahanan Klas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo.
     
Bagi dia, semua pengalamannya itu menjadi guru terbaik dalam perjalanan hidupnya sebagai manusia yang memiliki rasa kemanusiaan. 
     
Bahkan hingga kini, Cak Kandar mengaku masih terobsesi untuk menggelar pameran tunggal karya-karya lukisannya di kuburan.
     
Cak Kandar mengatakan, pameran tunggal "Olah Cipta" kali ini sebenarnya adalah pengantar bagi para penikmat dan penggemar seni untuk nantinya masuk dalam buku tentang eksistensi dirinya sebagai pelukis yang telah berjalan 50 tahun, yang akan diterbitkannya pada tahun ini.
     
"Saya telah menggandeng kritikus seni asal Institut Seni Indonesia Yogyakarta Mike Susanto dalam pembuatan buku tentang perjalanan proses berkesenian saya. Dummy-nya sudah kelar. Insyaallah akan diluncurkan tahun ini," katanya. 
     
Karenanya dalam pameran tunggal "Olah Cipta" yang dipamerkan di Hotel Bumi Surabaya ini memuat sedikit lukisan yang masing-masing merepresentasikan karya-karya Cak Kandar dari berbagai periode.
     
"Ada lukisan bulu dan macam-macam lukisan lainnya sampai yang bertemakan kritik sosial. Walaupun karya-karya yang dipamerkan ini sedikit tapi sudah mewakili eksistensi saya," ucapnya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017