Pekanbaru (Antara) - Jajaran Kepolisian Daerah Riau masih terus memburu lebih dari 200 tahanan kabur yang masih berkeliaran pascainsiden kerusuhan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sialang Bungkuk, Kota Pekanbaru.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara di Pekanbaru, hingga pukul 10.30 WIB, sudah ada sebanyak 242 tahanan yang berhasil diringkus kembali.

"Tambahan satu orang atas nama Supriadi Bin Basarudin, 35 tahun. Ditangkap patroli Polsek Bukit Raya di Jalan Pinang Merah Kecamatan Bukit Raya," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Minggu.

Sementara itu, pantauan di Rutan Kelas IIB Sialang Bungkuk terlihat satu orang tahanan menyerahkan diri sehingga totalnya 242 orang. Tahanan terakhir itu diantar oleh keluarganya dengan sebuah mobil, dan diterima pihak rutan dan aparat yang berjaga.

Jumlah tahanan yang kabur sebelumnya diprediksi hanya sekitar 200 lebih. Namun setelah didata dan diregistrasi ternyata jumlahnya mencapai 448 orang.

Pada Sabtu (6/7) lalu Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM telah datang ke Rutan Pekanbaru. Pada saat itulah akhirnya diumumkan bahwa jumlah tahanan yang kabur sesungguhnya berjumlah 448 orang.

Dalam kesempatan itu, dinyatakan juga oleh dirjen pencopotan Kepala Rutan Kelas IIB Pekanbaru ini. Lalu pada Minggu (7/5) dijadwalkan Mentri Hukum dan HAM Yasonna Laoly meninjau Rutan Pekanbaru.

Dari hasil keterangan yang didapat dari para penghuni Rutan yang sudah diamankan kembali bahwa akar permasalahan akibat adanya pungli terhadap narapidana. Narapidana tidak mendapatkan pelayanan yg baik.

Selain itu karena terjadi penganiayaan terhadap narapidana, fasilitas kesehatan yang kurang, dan waktu kesempatan beribadah yang dibatasi. Lalu jam besuk dibatasi apabila ditambah harus membayar dan perlakuan petugas rutan yang tidak punya etika.

Kantor Wilayah Kemenkumham Riau menyatakan akan menyelidiki permasalahan tersebut. (*)

Pewarta: Oleh Bayu Agustari Adha

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017