Surabaya (Antara Jatim) - Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengharapkan gelaran "Sumenep Open Road Race 2017" melahirkan bibit-bibit pebalap daerah yang nantinya tampil di ajang balap motor nasional maupun internasional.

"Siapa tahu dari Sumenep lahir pebalap-pebalap daerah yang memiliki bakat, namun belum terpantau," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Orang nomor dua di lingkungan Pemkab Sumenep itu mengaku yakin kejuaraan yang digelar di daerahnya mampu memunculkan nama baru di dunia balap motor nasional seperti di beberapa daerah di Jatim lainnya.

Tak itu saja, tidak sedikitnya pebalap-pebalap muda di wilayahnya diyakini menjadi modal positif tersendiri untuk mampu bersaing dengan pebalap muda lain ketika kejuaraan digelar.

"Anak-anak muda di Sumenep banyak sekali penyuka balapan. Setiap akhir pekan, mereka balap liar dan ini sangat tidak baik. Karena itu kali ini adalah kesempatan mereka untuk tampil," ucapnya.

Sementara itu, mantan pebalap nasional Franky Laurens mengaku bangga Sumenep mampu menyelenggarakan ajang balap motor kelas nasional sehingga tak kalah dengan daerah lainnya.

"Saya yakin Sumenep bisa dan banyak sekali bakat-bakat terpendam di sana. Keberanian sebagai modal pebalap muda sudah ada di Sumenep, tinggal bagaimana mengasahnya menjadi lebih hebat," katanya.

Menurut dia, ajang kali ini adalah kesempatan pebalap lokal untuk unjuk kualitas karena diyakini ada pemantau bakat yang akan melirik untuk menjadikan pebalap Sumenep menjadi atlet di PON.

"Sumenep Open Road Race 2017" digelar pada Minggu, 7 Mei 2017, di sirkuit yang dibuat di area Taman Adipura dekat alun-alun Sumenep.

Tidak hanya pebalap lokal, sejumlah nama pebalap nasional seperti M. Zaki, Tomi Salim, Sabrina hingga Raya Kitty juga akan ambil bagian dalam balapan yang mempermainkan 17 kelas.

"Kejuaraan kali ini juga sebagai ajang promosi wisata Sumenep yang sesungguhnya memiliki destinasi luar biasa. Semoga acara ini sukses, lahir pebalap muda daerah dan tentu saja semakin banyak pengunjung ke Sumenep," ujar promotor kejuaraan, Adi Afandi. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017