Surabaya (Antara Jatim) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Surabaya di Rungkut berbagi souvenir kepada pekerja, dalam rangka memperingati hari buruh sedunia atau  "May Day".

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut, Arbi Harun, Jumat , mengatakan, para pekerja yang mendapatkan souvenir ini adalah mereka yang sedang mengurus berkas di kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut.

"Pemberian souvenir yang dilakukan sejak tanggal 28 April, 2 Mei dan 3 Mei, sebagai bentuk penghormatan kepada para pekerja yang akan merayakan hari buruh atau yang dikenal dengan 'May Day' ini," katanya.

Ia mengatakan, selama ini hari buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei selalu identik dengan mogok kerja dan demo, karena para pekerja biasanya merayakan hari tersebut dengan turun ke jalan, menyuarakan tuntutan mereka berupa peningkatan kesejahteraan atau gaji dan hak lainnya.

"Tetapi suasana yang berbeda ditemukan di kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut. Kami ini memilih untuk merayakannya dengan berbagi kebahagiaan," katanya.

Selain membagi-bagikan souvenir, dalam kegiatan ini para pegawai BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut terlihat membagikan aneka kue tradisional dan minuman dingin kepada pekerja yang kebetulan sedang mengurus klaim atau lainnya di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin tegaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan sangat peduli kepada para pekerja. Selain kemudahan pengurusan klaim, kami juga berupaya memberikan pengalaman positif dan mengesankan kepada pekerja. Karena sejatinya, pelayanan yang baik dan berkualitas akan memberikan kepercayaan dan loyalitas peserta kepada BPJS Ketenagakerjaan," kata Arbi Harun.

Ia menambahkan, layanan prima tersebut juga diwujudkan dengan mempermudah peserta melakukan klaim, asal sesuai aturan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah klaim yang sudah dicairkan sepanjang Januari hjngga April.

Menurutnya, dari data yang ada, total klaim yang telah dicairkan dari ke empat program jaminan sosial sepanjang kuartal pertama tahun 2017,  dari Januari 2017 hingga April 2017 telah mencapai sekitar Rp69,665 miliar.

"Dengan perincian, untuk program Jaminan Hari Tua (JHT) mencapai Rp66,519 miliar. Untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) mencapaj Rp1,178 miliar, program Jaminan Kematian (JKM) mencapai Rp1,236 miliar dan terakhir Jaminan Pensiun (JPN) mencapai Rp84,399 juta," katanya.

Sementara itu, Choirun Nisa salah satu peserta BPJS Ketenagakerjaan saat dikonfirmasi di kantor BPJS Ketenagakerjaan Rungkut mengaku sangat terkesan dan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut.

"Kegiatan positif yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan ini harus ditiru oleh seluruh perusahaan dalam rangka memperingati hari buruh setiap tanggal 1 Mei ini," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017