Malang, (Antara Jatim) - Tim khusus Batalyon Komando (Yonko) 464 Paskhas Lanud ABd Saleh Malang bergerak cepat untuk membebaskan "tawanan" dari tangan penyandera melalui udara dengan menerjunkan prajurit pilihan.

Pembebasan tawanan dari tangan penyandera itu dilakukan dalam simulasi bagaimana proses dan pola operasi pembebasan tawanan di hadapan pengunjung. Simulasi ditunjukka secara berurutan dan sempurna oleh para prajurit pilihan di Marshalling Area (Titik Muat) Lanud Abd Saleh Malnag, Jawa Timur, Sabtu.

Dalam simulasi di hadapan pengunjung yang memadati area Lanud Abd Saleh tersebut, tim pembebasan mendekati sasaran melalui media udara, yakni diterjunkan melalui pesawat Cassa-C212 dari Skadron Udara 4 Lanud Abd Saleh.

Setelah mereka mendarat, mereka segera melakukan gerakan senyap mendekati sasaran dimana para penyandera menyembunyikan tawanannya. Tanpa hambatan berarti tawanan itu berhasil dibebaskan dan para penyandera pun dilumpuhkan.

Komandan Yonko 464 Paskhas Lanud Abd Saleh malang Letkol (Pas) Firman Manurung menerangkan aksi ini merupakan salah satu aksi yang mendapatkan respon positif dari warga yang hadir.

"Selain aksi manuver pesawat tempur TNI AU baik F-16 Fighting Falcon, T-50 Golden Eagle, Cassa C-212, atraksi terjun payung juga dimainkan oleh peterjun-peterjun handal dari Yonko 464 dan Denmatra 2 Paskhas," katanya.

Bulan Dirgantara digelar selama sebulan penuh di berbagai tempat di Malang raya oleh Lanud Abd Saleh dengan melibatkan satuan jajaran beserta insub yang ada di wilayah Malang termasuk Yonko 464 Paskhas. Yonko 464 Paskhas mendukung sepenuhnya kegiatan ini sebagai ajang memperkenalkan kepada warga masyarakat tentang profil TNI AU dan Korpaskhas khususnya Batalyon Komando 464.

Tak hanya berhenti disitu, di ajang pameran dirgantara dengan tajuk Bulan Dirgantara ini Yonko 464 Paskhas juga menyajikan static show pada stan khusus untuk memamerkan peralatan khusus yang dimiliki satuan agar ditonton dan diperkenalkan kepada masyarakat.

Sebelumnya, warga Malang raya juga aksi pembebasan tawanan di Musium Angkot Kota Batu dalam tajuk Air Force Corner dan di Mall Olympic Garden (MOG) Kota Malang pada pameran dirgantara dalam rangka Bulan Dirgantara memperingati ke-71 TNI AU.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017