Sumenep (Antara Jatim) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi akan mengampanyekan Pulau Giliyang di Kabupaten Sumenep sebagai objek wisata istimewa yang sangat layak dikunjungi wisatawan.

"Pulau Giliyang itu memiliki kadar oksigen yang bagus dan di atas rata-rata daerah lainnya. Kalau ke Sumenep, tentunya rugi jika tidak ke Pulau Giliyang," ujarnya di Sumenep, Jawa Timur, Sabtu petang.

Pada Sabtu sore hingga petang, Imam berada di Sumenep untuk menghadiri dua acara, yakni membuka Musyawarah Pimpinan Daerah PKC PMII Jawa Timur dan melantik pengurus Ikatan Alumni Uinsa Korwil Madura.
 
"Dalam setiap kunjungan ke daerah, kami memang membiasakan diri untuk melihat potensi alam, pemuda, dan olahraga. Di Sumenep, kami memang mengetahui ada pulau dengan kandungan oksigen yang bagus dan layak dikunjungi," katanya, menerangkan.

Ia menjelaskan, pihaknya bersama alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (Uinsa) akhirnya menyepakati untuk mengunjungi dan bermalam di Pulau Giliyang.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu cara supaya koleganya lebih mengetahui dan merasakan kenikmatan kadar oksigen di Pulau Giliyang.

"Kami bersama keluarga sudah pernah ke Pulau Giliyang. Namun, sekali lagi, kalau sudah di Sumenep, rugi jika tidak mampir ke Pulau Giliyang," ujarnya, sambil tersenyum.

Sesuai hasil penelitian LAPAN pada 2006 dan penelitian lembaga lainnya pada 2011 dan 2013, Pulau Giliyang di Kecamatan Dungkek itu merupakan salah satu daerah yang memiliki kadar oksigen terbaik di dunia.

Kandungan oksigen di Pulau Giliyang itu yang "dijual" oleh pemerintah daerah dengan menetapkannya sebagai objek wisata kesehatan sejak beberapa tahun lalu. (*)
Video oleh: Slamet Hidayat

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017