Banyuwangi (Antara Jatim) - Aparat Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Banyuwangi, Jawa Timur membantu mencari tahanan Polres Malang yang kabur dengan melakukan penyisiran di pesisir Pantai Watudodol, Desa Bangsring, kabupaten setempat, Jumat.

Kasatpolair Polres Banyuwangi AKP Subandi menjelaskan beberapa lokasi wisata bahari lain yang ada di kawasan Kecamatan Wongsorejo juga turut disisir dengan tujuan untuk mempersempit ruang gerak tahanan Polres Malang yang hendak kabur ke Pulau Bali.

"Pengamanan identitas di Pelabuhan Ketapang sangat ketat, sehingga kondisi itu akan membuat tersangka narkoba yang lari dari sel Polres Malang berpikir ulang untuk menggunakan jasa penyeberangan besar, sehingga sebagai antisipasi kita lakukan penyisiran pelabuhan wisata dan nelayan berskala kecil," katanya di Banyuwangi.

Menurutnya intruksi penyisiran tidak hanya berlaku di kawasan pesisir utara, namun wilayah timur dan selatan juga masuk kategori pengamanan, sehingga aparat Satpolair meminta para nelayan tradisional, agar segera memberitahu polisi ketika ada warga asing yang gerak-geriknya mencurigakan.

"Foto tahanan yang kabur juga kita sebar di kawasan pesisir untuk memudahkan warga dalam mengenali daftar pencarian orang (DPO) Polres Malang," tuturnya.

Ia mengatakan upaya pencarian tersangka kasus narkoba tersebut dilakukan Korps Biru-Biru melibatkan Kelompok Masyakarat Pengawas (Pokmaswas) Pesona Bahari Pantai Grand Watudodol dan aparat yang melakukan pencarian dilengkapi senjata laras panjang. 

"Penyisiran meliputi wilayah pesisir sampai ke tengah perairan utara Banyuwangi, sehingga penyisiran dijalankan untuk mencari sejumlah tahanan Polres Malang yang kabur melarikan diri dari sel," ujarnya.

Sementara Ketua Pokmaswas Pesona Bahari Abdul Aziz mengatakan langkah pencarian yang dilakukan aparat Satpolair akan dibantu kelompok masyakarat pengawas selama 24 jam.

"Tanpa dimintapun kita sudah perintahkan kepada anggota, jika ada penumpang wisata yang hendak menyeberang di luar trip yang tersedia supaya segera melapor. Siapa tahu itu bagian dari upaya tahanan Polres Malang yang hendak masuk ke Pulau Dewata melalui jalur pelabuhan kecil atau wisata," katanya.

Letak Pantai Grand Watu Dodol secara geografis memang berhadapan dengan Pulau Bali di sisi barat dan jarak antara pantai tersebut dengan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) juga tidak terlalu jauh. 

Apabila ditempuh menggunakan "speedboat" hanya butuh waktu kurang lebih 10 menit dan kebetulan Pantai Grand Watu Dodol menyediakan jasa angkutan perahu wisata yang melayani trip menuju TNBB.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017