Surabaya (Antara Jatim) - Masyarakat penerima program bantuan pangan nontunai (BPNT) akan dilayani dengan menggunakan motor boks yang sudah dilengkapi dengan mesin "electronic data capture" (EDC) guna memudahkan jangkauan.

Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa, Rabu malam mengatakan, dengan menggunakan motor, para penerima program tidak perlu lagi mencari agen atau juga E-warung yang bisa menerima bantuan program ini.

"Sudah disepakati bentuk motornya. Untuk selanjutnya motor tersebut akan berkeliling menuju ke masing-masing rumah penerima bantuan program," katanya pada kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan Sosial Bantuan Pangan Nontunai Tahun 2017 di salah satu hotel di Surabaya.

Ia mengemukakan, dengan menggunakan motor tersebut diharapkan keluarga penerima bantuan program ini bisa terlayani dengan maksimal.

"Tidak perlu lagi kepanasan, berkeringat menunggu karena akan diantarkan kepada masing-masing keluarga," ujarnya.

Menurutnya, caranya akan sangat mudah, yaitu penerima cukup menggesekkan kartu penerima bantuan dan barang-barang yang dibutuhkan sudah tersedia.

"Nantinya motor boks tersebut akan membawa beras, minyak goreng, gula dan juga telur, yang pembeliannya tidak menggunakan uang tunai, tetapi menggunakan kartu. Dan kartunya yang mengisi saldonya dari pemerintah," terangnya.

Ia mengatakan, sesuai dengan rencana yang ada motor tersebut akan diluncurkan pada 2 Mei mendatang di beberapa kota di Indonesia.

"Yang sudah berkomunkasi dengan kami seperti di Kota Solo dan juga di Kota Mojokerto. Tidak menutup kemungkinan akan bertambah ke kota lain," katanya.

Seperti di Surabaya ini, pihaknya yakin akan mendapatkan respons yang cukup bagus karena banyak yang mendukung program ini berjalan lancar.

"Saya juga sudah mengkomunikasikan dengan bank yang akan mendukung program ini, karena layanan yang diberikan akan bersentuhan langsung dengan mesin tersebut," katanya.(*)
Video oleh: Indra Setiawan

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017