Surabaya (Antara Jatim) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur bekerja sama dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) untuk bersama-sama memberdayakan ekonomi umat khususnya kalangan NU, karena potensinya sangat besar.

"Inilah saatnya bagi semua kalangan di Jatim untuk bersama-sama meningkatkan kapasitas UMKM, sehingga tidak hanya pengusaha yang sudah besar saja yang berkembang, tapi juga rakyat kecil. Ini penting agar ketimpangan tidak meningkat. Dan hal itu butuh sinergi banyak pihak, termasuk dengan NU," kata Ketua Umum Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti di Surabaya, Rabu.

La Nyalla usai bertemu dan berdialog dengan Ketua PWNU Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah mengakui Jatim punya potensi besar di bidang ekonomi, dan perlu didorong untuk lebih memberi ruang bagi umat, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

"Langkah itulah yang akan kami lakukan dengan mendorong sinergi untuk penguatan ekonomi umat, terutama kaum NU," katanya.

Ia berharap, dari kerja sama dan kunjungan ini nantinya ada aksi bersama-sama memberdayakan ekonomi umat. 

"Apalagi mayoritas anggota Kadin yang jumlahnya ribuan adalah pengusaha yang berlatar belakang NU. Para karyawannya pun yang mencapai ratusan ribu mayoritas di antaranya adalah NU," tutur La Nyalla.

Ia optimistis, dengan sinergi banyak pihak ekonomi Jatim akan tumbuh berkeadilan dan merata, tidak hanya dinikmati segelintir orang.

La Nyalla mengaku kunjungannya ke beberapa elemen termasuk PWNU Jatim adalah bagian dari tugas selaku Ketua Kadin Jatim yang harus mendorong sinergi banyak pihak demi Jatim.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017