Jember (Antara Jatim) - Tiket kereta api di sejumlah tujuan di wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur terjual habis menjelang libur panjang yang bertepatan dengan hari libur Paskah.

"Tiket kereta seperti KA Mutiara timur siang, KA Mutiara timur malam, KA Probowangi, KA Rangga jati dan KA Logawa terjual habis untuk keberangkatan tanggal 13, 14 dan 16 April 2017," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Jember Luqman Arif di Jember, Kamis.

Menurutnya okupansi penumpang kereta api menjelang libur Paskah dengan keberangkatan tujuh rangkaian KA jarak jauh dari wilayah Daop 9 Jember untuk tanggal 13-16 April 2017 rata-rata terjual lebih dari 80 persen.

"Beberapa rangkaian KA yang menuju ke Surabaya sudah penuh seperti KA Mutiara timur siang dan malam, sedangkan KA Sritanjung dan KA Tawangalun okupansinya sudah terjual lebih dari 80 persen," tuturnya.

Untuk mengantisipasi dan memenuhi permintaan masyarakat yang tinggi, lanjut dia, PT KAI Daop 9 akan menambah satu kereta kelas bisnis dengan kapasitas 64 tempat duduk pada rangkaian KA Mutiara timur untuk keberangkatan tanggal 13-16 April 2017.

"Dengan penambahan satu kereta kelas bisnis KA Mutiara timur itu diharapkan dapat menambah jumlah penumpang yang akan berlibur ke Surabaya atau sebaliknya ke Banyuwangi, sehingga jumlah penumpang yang terangkut lebih banyak dibandingkan pada hari normal," katanya.

Di Daop 9 Jember, setiap hari terdapat tujuh keberangkatan KA jarak jauh yakni KA Mutiara timur siang dengan relasi Banyuwangi - Surabaya, KA Mutiara timur malam dengan relasi Banyuwangi - Surabaya, kemudian KA Sri tanjung relasi Banyuwangi - Lempuyangan.

Selanjutnya KA Probowangi relasi Banyuwangi - Surabaya,  KA Tawang alun relasi Banyuwangi - Malang, KA Logawa relasi Jember - Purwokerto, dan KA Rangga jati relasi Jember - Cirebon.

"Sedangkan untuk KA lokal di Daop 9 ada empat kali perjalanan yakni KA lokal  Pandan wangi relasi Jember - Banyuwangi PP," ujarnya.

Ia mengatakan jumlah tempat duduk pada KA jarak jauh setiap hari tersedia 3.750 tempat duduk dan untuk KA lokal sebanyak 2.824 tempat duduk, sehingga totalnya 6.574 tempat duduk.

Salah seorang karyawan swasta Nuraini mengaku sudah memesan tiket KA Logawa jauh-jauh hari untuk liburan bersama keluarganya ke Purwokerto pada libur Paskah karena kebetulan hari libur kerjanya sejak Jumat hingga Minggu.

"Lumayan liburnya cukup panjang, sehingga kami memutuskan liburan mengunjungi rumah nenek di Purwokerto dengan menggunakan moda transportasi yang nyaman yakni kereta api," ucapnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017