Jember (Antara Jatim) - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin meluncurkan program inovasi sistem keamanan lingkungan berbasis teknologi informasi (e-Siskamling) yang merupakan program strategis Kepolisian Resor Jember, Kamis.

Peresmian e-Siskamling ditandai dengan menekan tombol sirine oleh Kapolda Jatim yang didampingi sejumlah perwira Polda Jatim dan Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo di Mapolres Jember.

Kapolda Jatim dalam sambutannya mengapresiasi program inovasi yang dilakukan Polres Jember karena e-Siskamling merupakan terobosan kreatif yang bagus, sehingga hal itu diharapkan menjadi contoh bagi polres lainnya yang akan dilakukan secara berkesinambungan.

"Penggunaan aplikasi berbasis teknologi informasi di era saat ini sangatlah vital dan program inovasi Polres Jember sudah bagus. Kapolres Jember sudah mencetuskan program yang bagus, kreatif dan inovatif. Luar biasa Pak Kusworo," kata Machfud dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Jember.

Ia mengatakan pemanfaatan teknologi tepat guna memiliki peran yang sangat strategis dalam mendorong tumbuh kembangnya kegiatan inovatif yang lebih membumi dalam pengembangan sistem modernisasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) di Kabupaten Jember.

"Mengoptimalkan pendayagunaan semua aspek sumber daya lokal dan kearifan lokal poskamling karena secara teknis teknologi tepat guna merupakan jembatan antara budaya tradisional dan teknologi modern," tuturnya.

Sementara Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengatakan program inovasi e-Siskamling mempercepat kemajuan sistem modernisasi harkamtibmas dalam upaya pemberdayaan peran masyarakat melalui strategi sinergi implementasi teknologi tepat guna.

E-Siskamling sendiri akan bekerja sebagai bentuk monitoring kegiatan ronda keamanan lingkungan oleh petugas patroli kepolisian maupun anggota Babinkamtibmas.

"Cara kerja sistem ini memiliki nilai tambah dalam mempermudah sistem penguatan harkamtibmas di lingkungan warga karena petugas kepolisian dapat memantau secara 'real time' semua bentuk informasi dari petugas ronda maupun aktivitas pergerakan kegiatan ronda melalui QR – Barcode," tuturnya.

Sebelum melakukan kunjungan ke Kabupaten Jember, Kapolda Jatim juga melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017