Surabaya (Antara Jatim) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berencana merekrut 6.056 pegawai pada tahun 2017, dengan ikut berpartisipasi dalam bursa karir yang diselenggarakan Institut Teknologi Surabaya (ITS) pada tanggal 5–6 April 2017 di Graha ITS, Surabaya.

"Tahun ini PLN akan merekrut 6.056 orang pegawai. Kami membutuhkan generasi muda terbaik dari seluruh Indonesia yang memiliki dedikasi tinggi untuk bersama membangun bangsa melalui sektor ketenagalistrikan," kata Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN, I Made Suprateka dalam keterangan persnya di Surabaya, Rabu.

Selain di ITS, kata dia, untuk memenuhi kebutuhan tersebut PT PLN juga berencana ikut berpartisipasi dalam bursa karir yang diselenggarakan di Instritut Teknologi Bandung (ITB) pada tanggal 7–9 April 2017 di Aula Barat ITB.  

"Pada kesempatan itu, kami akan membuka lowongan pegawai untuk jenjang S1 dan D-IV untuk jurusan Teknik Elektro dan Elektronika, serta jenjang D-III untuk jurusan Teknik Elektro, Elektronika, Teknik Mesin, dan Teknik Kimia.," katanya.

Sebelumnya, kata dia, PLN juga telah berpartisipasi dalam bursa karir di Universitas Gajah Mada pada tanggal 25–26 Februari 2017, dan Unsyiah "Career Day" pada tanggal 15-16 Maret 2017. 

"Melalui bursa karir itu kami telah menjaring 27.441 pelamar, dan rata-rata 67 persen pelamar atau sekitar 18.440 pelamar lulus pada tahap administrasi awal, dan akan kita gabung semua untuk menjalani seleksi," katanya.

Sementara itu, General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, Dwi Kusnanto mengatakan kebutuhan tenaga kerja yang diharapkan PLN adalah dengan beberapa klasifikasi, antara lain memiliki kompetensi yang meliputi skill atau keahlian, serta kesehatan jasmani dan rohani. 

"Dalam setiap kesempatan proses rekrutemen, seringkali terjadi tenaga kerja tersebut gagal dalam tes kesehatan, dan hal tersebut sangat disayangkan dikarenakan tes kesehatan adalah tes terakhir dalam penentuan tenaga kerja tersebut dapat diterima atau gugur," katanya.

Dwi meminta, bagi pelamar yang mendatangi stand PLN di bursa karir tidak perlu membawa sejumlah berkas, dan bisa langsung daftar atau memantau pengumuman rekrutmen media darting www.rekrutmen.pln.co.id.

"Kami mengimbau agar pelamar berhati-hati terhadap penipuan informasi rekrutmen, dan proses rekrutmen tidak dipungut biaya sama sekali. Oleh karena itu harus diperhatikan bagi para pelamar kerja," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017