Pamekasan (Antara Jatim) - Polres Pamekasan, Jawa Timur,  meluncurkan unit reaksi cepat (URC) aplikasi android, Minggu, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah itu.

"URC aplikasi android ini merupakan yang pertama dan merupakan satu-satunya di Pulau Madura ini," kata Kapolres Pamekasan AKBP Nuwo Hadi Nugroho di sela acara peluncuran di Monumen Arek Lancor, Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Aplikasi ini terselenggara berkat kerja sama antara Polres Pamekasan dengan perusahaan jasa telekomunikasi dan informasi, yakni PT Tema.

Aplikasi ini diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan cepat Polres Pamekasan. Seperti kasus kecelakaan lalu lintas di jalan raya, dan kasus pencurian yang terjadi di masyarakat.

Ada tujuh fitur yang disajikan dalam aplikasi ini, yakni tombol panik, panggilan 24 jam, bantuan, layanan daring, peta layanan dan laporan kehilangan.

Tombol panik ini bisa digunakan saat pengguna membutuhkan bantuan darurat, seperti terjadi kecelakaan, perampokan ataupun perampasan.

"Disini anda cukup menulis pesan, peristiwa penting apa yang terjadi. Nanti petugas kepolisian terdekat akan segera meluncur ke lokasi kejadian," kata Kasat Binmas AKP Khairul Anwar saat memberikan bimbingan tentang cara pengoperasian URC berbasis android itu.

Fitur "Call Operator" menyediakan layanan on call selama 24 jam dengan menyediakan sebanyak enam orang operator secara bergantian.

Pada fitur bantuan, aplikasi ini menyediakan nomor-nomor penting yang bisa dihubungi langsung masyarakat, seperti nomor telepon unit gawat darurat, unit kecelakaan lalu lintas, PLN, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Sar Nasional (Basarnas).

Fitur informasi dan pengaduan merupakan fitur yang menyediakan penyampaian informasi kepada petugas kepolisian, seperti pohon tumbang, jalan berlubang, ataupun berbagai jenis keluhan lain yang membutuhkan tindakan cepat petugas.

Sementara pada fitur layanan daring, pengguna aplikasi ini bisa menikmati berbagai jenis layanan terkait institusi kepolisian, seperti SIM, STNK dan BPKB online.

"Kalau pada peta layanan ini, pengguna bisa mengetahui kantor polisi terdekat," katanya.

Pada fitur lapor kehilangan, pengguna bisa mengajukan surat kehilangan dengan mengisi data kelengkapan sesuai dengan ketentuan.

Pengguna selanjutnya akan mendapatkan kode boking yang dapat ditunjukkan kepada petugas SPKT Polres Pamekasan untuk mendapatkan salinan surat keterangan hilang.

Peluncuran URC aplikasi android ini ditandai dengan penekanan tombol panik (panic button) oleh Bupati Pamekasan Achmad Syafii didampingi Kapolres AKBP Nuwo Hadi Nugroho dan Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto.

Dalam kesempatan itu juga ditampilkan seni musik daul yang dimainkan oleh ibu-ibu Bhayangkari Polres Pamekasan.

Acara ditutup dengan foto bersama antara Forpimda Pemkab Pamekasan bersama petugas operator URC Cyber Police, dan masyarakat yang hadir mengikuti acara peluncuran itu. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017