Pamekasan (Antara Jatim) - Kodim 0826 Pamekasan, Jawa Timur, menerjunkan para bintara pembina desa (babinsa) di wilayah itu, guna membantu pembangunan di sejumlah pondok pesantren.

"Ini bagian dari komitmen Kodim Pamekasan untuk membantu pembangunan lembaga pendidikan, khususnya di pondok pesantren," kata Pasi Intel Kodim 0826 Pamekasan Kapten Darminto kepada Antara di Pamekasan, Kamis.

Salah satunya, seperti  di Pesantren An-Nawah, asuhan KH Mustofa (53) warga Dusun Bakong, Desa Batukerbuy, Kecamatan Pasean.

Komandan Koramil (Danramil) Pasean Kapten Inf Hariyanto mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Pesantren, kata dia, merupakan salah satu lembaga di Pamekasan yang memiliki peran penting dalam upaya membangun karakter anak dan penyangga moral anak bangsa.

"Dan, kami berharap dengan manunggalnya TNI dengan rakyat, rakyat semakin mencintai TNI. Ini juga bagian dari upaya merawat NKRI, yakni dengan terus melakukan pendekatan dengan rakyat dan lembaga-lembaga keagamaan," kata Hariyanto.

Menurut Kapten Hariyanto, hubungan baik TNI dengan seluruh elemen masyarakat harus selalu tetap jaga, termasuk dengan para ulama.

"Sebab, bangsa ini menjadi mandiri, bebas dari penjajahan, salah satunya berkat peran ulama," katanya, menjelaskan.

Sementara, Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawah KH Mustofa menjelaskan, TNI merupakan institusi pemerintahan yang sangat peduli dengan masyarakat dan lembaga pendidikan keagamaan.

"Terus terang, selama ini kami sering dibantu dan ini yang membuat kami semakin akrab dengan TNI," kata Mustofa. 

Berdasarkan catatan Antara, peran aktif TNI dalam membantu pembangunan lembaga pesantren ini, tidak hanya di Kecamatan Pasean, akan tetapi, hampir di semua kecamatan di Pamekasan.

Setiap ada lembaga pendidikan Pondok Pesantren yang melakukan pembangunan, Kodim 0826 Pamekasan selalu menerjunkan anggotanya, membantu pembangunan di pondok pesantren itu. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017