Sumenep (Antara Jatim) - Harga cabai merah kecil biasa di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin, turun dari Rp80 ribu per kilogram pada pekan lalu menjadi Rp60 ribu.

"Harga cabai kecil turun Rp20 ribu per kilogram jika dibanding pekan lalu. Petani cabai kecil mulai panen dan membuat stok komoditas tersebut melimpah," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Selain cabai kecil, harga cabai besar dan bawang merah juga turun dibanding pekan lalu.

Cabai besar yang pekan lalu Rp20 ribu per kilogram turun menjadi Rp18 ribu dan bawang merah dari Rp34 ribu menjadi Rp30 ribu.

"Sementara harga komoditas lainnya terpantau stabil sebagaimana laporan staf kepada kami," kata Sukaris, menerangkan.

Harga beras tetap pada kisaran Rp8.700 hingga Rp9.400 per kilogram, gula pasir Rp13 ribu, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga sejumlah jenis daging juga stabil, yakni daging sapi Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp65 ribu, dan daging ayam broiler Rp30 ribu.

Sementara harga bawang putih Rp33 ribu per kilogram, wortel Rp14 ribu, kentang Rp11 ribu, dan kubis Rp5 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017