Jember (Antara Jatim) - Kabupaten Jember, Jawa Timur mendapat tambahan kuota haji tahun 2017 sebanyak 625 orang seiring dengan penambahan kuota haji secara nasional yang disetujui oleh pemerintah Arab Saudi.

"Awalnya kuota haji Jember tahun ini sebanyak 1.687 orang, namun dengan penambahan kuota haji sebanyak 625 orang, maka jumlah kuota haji Jember menjadi 2.312 orang," kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Jember Misbakhul Munir di Jember, Selasa.

Menurutnya penambahan kuota haji secara nasional sangat berpengaruh pada jumlah calon haji Kabupaten Jember yang berangkat tahun ini karena kuota haji Indonesia yang awalnya sebanyak 168.000 orang bertambah menjadi 221.000 orang. 

Tambahan kuota haji tersebut dibagi untuk seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Jawa Timur yang mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak 7.892 orang dari kuota awal sebanyak 27.043 orang menjadi 34.935 orang, sehingga hal tersebut juga menambah kuota haji Jember.

"Calon haji Jember yang berangkat tahun ini yakni mereka yang terakhir mendaftar pada 20 Mei 2010, sehingga diharapkan mereka yang berangkat tahun ini bisa berkoordinasi dengan kantor urusan agama (KUA) di masing-masing kecamatan untuk  melengkapi berkas administrasi berupa foto saat pendaftaran, KTP, dan lain-lain karena segera dikirim ke Kanwil Kementrian Agama Jatim," katanya.

Ia menjelaskan kuota haji Jember sebanyak 2.312 orang tersebut masih belum final dan bisa berubah karena pelunasan biaya pendaftaran ibadah haji (BPIH) tahap satu dan dua belum dilaksanakan.

"Ada kemungkinan calon haji yang sudah terdaftar berangkat tahun ini  bisa menunda keberangkatannya karena tidak dapat melunasi BPIH dan berbagai hal, sehingga hal tersebut mempengaruhi jumlah calon haji Jember yang berangkat tahun ini," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut dia, calon haji Jember sudah mulai memproses paspor di Kantor Imigrasi Jember sejak dua pekan yang lalu, sehingga paspor haji diharapkan bisa tuntas tepat pada waktunya.
 
Kuota calon haji Jember tahun 2016 sebanyak 1.993 orang yang terbagi dalam lima kelompok terbang (kloter) yakni kloter 15, 16, 17, 18, dan 19.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017