Probolinggo (Antara Jatim) - Keberadaan objek wisata baru yakni Goa Kelelawar atau Goa Batman akan mendukung destinasi wisata Gunung Bromo dan Air Terjun Madakaripura di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

"Pemerintah daerah akan mengembangkan objek wisata baru Goa Batman tersebut, terutama perbaikan akses jalan untuk mempermudah dan melancarkan wisatawan yang berkunjung ke lokasi Goa Batman," kata Wakil Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko di Probolinggo, Senin.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo HA Timbul Prihanjoko didampingi anggota DPRD setempat Supoyo, Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Tutug Edi Utomo, serta Camat Sukapura Yulius Christian melihat langsung keberadaan lokasi Goa Batman di Kecamatan Sukapura, Minggu (19/3).

"Dengan perbaikan akses jalan, para wisatawan lokal maupun internasional yang memiliki tujuan untuk menikmati destinasi wisata Gunung Bromo yang sudah mendunia itu diharapkan juga dapat menikmati destinasi wisata baru yakni Goa Batman, sehingga objek wisata goa itu semakin diminati oleh wisatawan," tuturnya.

Ia mengatakan banyak potensi objek wisata di Kabupaten Probolinggo yang perlu diperkenalkan dan dipromosikan, salah satunya yakni Goa Kelelawar atau yang dikenal dengan Goa Batman yang berada di Dusun Jurang Kendi, Desa Ngadas, Kecamatan Sukapura.

Ke depan Pemkab Probolinggo akan berupaya mengembangkan destinasi wisata baru tersebut sebagai penopang destinasi wisata internasional Gunung Bromo maupun Air Terjun Madakaripura, sehingga Goa Batman nantinya akan menjadi salah satu potensi destinasi wisata baru di Kecamatan Sukapura. 

Sementara Camat Sukapura Yulius Christian mengatakan banyak destinasi wisata di Kecamatan Sukapura yang sudah dikembangkan di antaranya Seruni Point, Sunset Mentingen, sejumlah bangunan tua, dan budaya Ojung.

"Goa Batman adalah wisata lama yang ingin dihidupkan kembali yang lokasinya berada di tanah kas Desa Ngadas, sehingga kami ajak pihak desa untuk menghidupkan kembali wisata tersebut sebagai wisata penunjang Gunung Bromo yang sudah dikenal luas wisatawan mancanegara," tuturnya.

Menurutnya Goa Batman tersebut dapat dikelola secara mandiri, sehingga destinasi wisata baru tersebut bisa dijadikan badan usaha milik desa (BUMDes) di Desa Ngadas yang dapat menunjang objek wisata lainnya di desa setempat.

"Selanjutnya akan dilakukan dialog dengan pelaku wisata lain seperti agen travel wisata yang memiliki paket perjalanan wisata atau trip siang dengan harga paket yang lebih murah. Trip siang itu nantinya menyasar objek wisata selain di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)," katanya, menambahkan.

Kepala Desa Ngadas Kastaman menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Wabup Timbul dan rombongan di kawasan Goa Batman, sehingga diharapkan dengan kunjungan tersebut Goa Batman akan lebih berkembang dan diminati oleh wisatawan domestik dan mancanegara yang sedang berkunjung ke Gunung Bromo.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017