Surabaya (Antara Jatim) - Sebanyak lima negara  yaitu Korea, Jepang, Belanda, Thailand dan Italia meramaikan kegiatan "Internasional Day"  bertema "eduventure" di Universitas Kristen Petra (UKP) Surabaya, Jumat.

Ketua Internasional Day 2017 , Ivana mengatakan dalam kegiatan tersebut, 13 mahasiswa asing dari kelima negara tersebut  menampilkan games dan menyajikan makanan khas dari negaranya masing-masing.

"Sebagai contoh, dari booth mahasiswa asing asal Italia bernama Aniello Iannone dengan memakai jersey Italianya akan menampilkan mini games “Charades” dan menyajikan makanan khas Italia yaitu Spaghetti,” ujar Ivana.

Kepala Biro Administrasi Kerjasama dan Pengembangan Institusi (BAKP) UK Petra Meilinda S.S mengatakan "eduventure" merupakan gabungan dari kata ‘education’ yang berarti ilmu dan ‘adventure’ yang berarti petualangan.

"Melalui kegiatan ini, kami harap mahasiswa serta orang tua yang hadir akan mendapatkan ilmu dengan cara yang menyenangkan seperti berpetualang”, ujarnya.

Dia mengemukakan bermacam kegiatan akan hadir dalam Internasional Day 2017 mulai peluncuran website partnership, pameran, talkshow hingga sesi kelas kuliah umum.

Selain itu, pada kesempatan kali ini, Rektor Universitas Kristen Petra melakukan peluncuran akses untuk mempermudah mahasiswa bergabung dalam kegiatan internasional. Akses yang dimaksud tersebut melalui http://bakp.petra.ac.id/partnership/.

“Website partnership ini akan memudahkan mahasiswa untuk memilih program-program internasional selama berkuliah di UK Petra," tutur Meilinda.

Dia menjelaskan, dalam website ini Kepala Program Studi dapat terlibat secara langsung dalam pemilihan mata kuliah dan penyetaraannya dari awal. Artinya formulir pendaftaran yang berlembar-lembar dan dilakukan secara hard copy selama ini tidak akan terjadi lagi.

Tak hanya itu saja, para mahasiswa dapat menikmati penjelasan langsung dari perwakilan tiap universitas yaitu diantaranya Yangzhou University (China), Keimyung University (Korea Selatan), Bangkok University (Thailand), Universiti Tunku Abdurahman (Malaysia), Valparaiso University (USA), National Taiwan University of Science and Technology (Taiwan) dan Southern Cross University (Australia).

Sementara itu Rektor UK Petra Prof Rolly Intan mengatakan kegiatan Inernasional Day merupakan bagian dari mempersiapkan para mahasiswa UK Petra untuk bisa mengambil peran dalam dunia global.

"Kita berharap lulusan UK Petra bisa berperan dalam dunia global terutama dalam MEA ini. Oleh sebab itu kami terus mendorong dengan mengadakan  kegiatan-kegiatan internasional semacam ini," ujarnya.

Selain itu kegiatan-kegiatan yang bersifat internasional di UK Petra bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan Indonesia pada umumnya dan UK Petra sendiri pada khususnya.

Kegiatan ini didukung oleh Konjen Amerika di Surabaya, Nuffic Neso dan Kedutaan Kerajaan Belanda serta IFI dari Perancis."Nantinya kami juga akan bekerja sama dengan kampus-kampus yang ada di dunia untuk lebih mengenalkan UK Petra," katanya. (*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017